Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Monday, June 26, 2006

DAKWAH ISLAM DAN KEPEMIMPINAN RASULULLAH
at 11:32 PM 
oleh Prof. Dr. Achmad Mubarok, MA
disampaikan dalam program Kajian Islam Rumah Sakit Haji Jakarta, Kamis, 27 Juni 2006

Pendahuluan
Dakwah Islam tidak mungkin dipisahkan dengan kepemimpinan Rasulullah, karena Rasul lah pembawa Risalah Islam yang pertama. Dari topik ini bisa dibahas tentang Islam sebagai agama dakwah, dan bagaimana model kepemimpinan Rasul hingga Islam menjadi agama dunia seperti sekarang.

Islam = agama dakwah
Statemen ini untuk membedakan dengan agama lain, agama Yahudi misalnya. Agama Yahudi bukan agama dakwah karena agama itu hanya diperuntukkan bagi etnik Yahudi. Oleh karena itu agama Yahudi tidak disebarluaskan ke semua orang, tidak didakwahkan. Agama Kristen pada mulanya juga bukan agama dakwah, karena Yesus hadir hanya untuk mengkoreksi agama yahudi. Tetapi Paulus yang sebelumnya musuh Yesus melalui keuskupan Roma mengaku menerima wahyu dari Yesus untuk mengubah agama ini keluar habitatnya masyarakat yahudi. Sementara komunitas Kristen yang menganut faham aslinya yakni yang di Yerussalem terkalahkan menjadi minioritas.

Berbicara Islam sebagai agama dakwah harus mengikuti alur pikir sebagai berikut:
1. Islam adalah konsep hidup yang didesain Tuhan untuk manusia hingga hari kiamat.
2. Konsep itu tersembunyi dibalik firman Tuhan di lauh mahfudz (alam langit)
3. Agar konsep itu fungsional, maka konsep itu diturunkan ke bumi sebagai firman Allah, yakni apa yang ada di dalam al Qur’an
4. Agar manusia faham terhadap konsep itu maka firman Tuhan diturunkan dengan bahasa yang dipergunakan oleh manusia (qur’anan `arobiyya)
5. Untuk menghindari mis interpretasi, maka Tuhan mengirimkan utusan Nya berwujud manusia, yakni Muhammad s.a.w., sebagai penerima wahyu sekaligus sebagai contoh teladan bagi manusia. Muhammad adalah Qur’an hidup yang bisa dilihat dan bisa dicontoh.
6. Karena konsep hidup ini diperuntukkan bagi manusia sepanjang zaman, maka konsep Islam bersifat universal dan diaklektis fleksibel, bisa diterapkan di semua tempat dan di sepanjang zaman sesuai dengan perkembangan zaman (sholihun fi kulli zaman wa makan)
7. Karena manusia memiliki karakteristik psikologis yang berbeda-beda, maka dakwah Islam harus disampaikan secara persuasip, mengikuti cara berfikir manusia yang dihadapi seperti yang dipesankan Nabi, Khatib annas `ala qadri `uqulihim.
8. Karena pekerjaan dakwah (menyampaiakan pesan, mengajak, mendorong , mempengaruhi, menanam dan membangun) itu bukan pekerjaan sederhana, maka diperlukan orang-orang yang mau mengkhususkan diri bekerja untuk itu, dengan terlebih dahulu mendalami masalah yang akan didakwahkan, da`i profesional (falaula nafara min kulli firqatin minhum thoifatun liyatafaqqahu fiddin ....dst)
9. Karena sifat masyarakat yang dinamis dengan problem yang selalu berkembang, maka dibutuhkan institusi khusus yang mendidik SDM bidang dakwah, misalnya Fakultas Dakwah.
10. Keberhasilan dakwah ditopang oleh ; konsep dakwah, da’`i (pelaksana), metode dan media.
11. Karena agama Islam bersifat rahmatan lil`alamin, maka konsep dakwah sesunggguhnya (seharusnya) adalah visi masa depan.

Kepemimpinan Rasulullah
Nabi Muhammad hidup dalam setting zaman tertentu dan corak masyarakat tertentu. Pada masa kehadiran Muhammad sebagai Rasul, adalah suatu masa dimana selama enam abad bumi kosong dari kehadiran seorang Nabi. Sejarah ketika itu diisi oleh dua imperium, Rumawi (Barat) yang resminya beragama Kristen tetapi pada hakikatnya berbudaya paganisme dan Persia (Timur) yang menyembah api (Majusi) kedua-duanya merendahkan martabat manusia . Masyarakat Arab dimana Nabi Muhammad lahir juga masyarakat yang berbudaya rendah (jahiliyyah) yakni, menyembah benda yang tak mampu apa-apa dan merendahkan martabat manusia khususnya wanita dalam bentuk perbudakan dan membunuh bayi wanita dan fanatisme kesukuan yang sangat sempit.

Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Rasulullah
Sebagai utusan Tuhan sudah barang tentu beliau dibekali apa yang dibutuhkan untuk tugas kerasulan.Karena seorang Nabi dan Rasul juga harus memimpin ummat manusia, maka beliau juga memiliki kapasitas sebagai pemimpin.

Ada prinsip kepemimpinan seperti yang bisa ditangkap dari kata-kata mutiara;
(a) Berilah kepada siapa yang ingin kau beri, niscaya engkau akan menjadi pemimpin dari mereka
(b) Mintalah kepada siapa yang ingin kau mintai, niscaya engkau akan menjadi tawanan dari mereka
(c) Merasa cukuplah dari apa yang dimiliki orang lain, niscaya engkau akan bisa menjadi mitra sejajar dengan mereka

Jadi seorang pemimpin harus memiliki kelebihan dibanding orang kebanyakan, dan kelebihan itulah yang diberikan kepada orang lain. Apa yang bisa diberikan? bisa kesejahteraan, rasa aman, petunjuk, pengetahuan dan yang terpenting keteladanan. Nah Nabi memiliki kesemuanya, tetapi yang terpenting adalah keteladanan. Sebelum menjadi nabi, Muhammad sudah populer dengan sebutan al amin, artinya orang yang dapat dipercaya. Kepercayaan adalah modal utama kepemimpinan. Muhammad lebih mempengaruhi hati masyarakat dibanding mempengaruhi fikiran mereka. Oleh karena itu dalam memimpin pengiikutnya beliau menggunakan tahapan-tahapan psikologis, seperti yang tercermin dalam periode Makkah dan periode Madinah.

1. Dalam periode Makkah, Muhammad lebih menanamkan semangat internalisasi nilai, dan pengendalian diri yang sangat kuat dalam menghadapi kesulitan seraya tetap menjanjikan masa depan yang sukses.
2. Pada periode Madinah, Muhammad sudah menata secara teknis tata kehidupan bermasyarakat lengkap dengan struktur kepemimpinan dan forum penampung peran serta masyarakat. Ada pusat Pemerintahan, ada forum syuro, ada konseling, ada kunjungan lapangan, ada reward dan ada juga punishment.

Sistem Leadership Rasulullah
Bagaimana sistem kepemimpinan Rasulullah berlangsung dapat ditangkap dari tradisi salat Jamaah.

1. Ada media komunikasi antara pemimpin dengan rakyatnya yang dilakukan secara reguler dan bersistem, yaitu salat jamaah lima waktu sehari pada setiap lingkungan, forum satu mingguan pada salat Jumat untuk lingkungan yang lebih besar, dan dua kali forum tahunan pada Idul Fitri dan Idul Adha untuk lingkungan nasional dan international.
2. Ada komando untuk memobilisasi rakyat, berupa azan dan iqamat
3. Imam direkrut dengan mengikuti persyaratan (a) yang paling fasih bacaannnya, yakni yang paling pintar mengkomunikasikan gagasan, (8) yang paling dalam ilmunya (persyaratan pendidikan), dan (c) yang paling tua umurnya (senioritas)
4. Siapapun yang terpilih menjadi imam, makmum harus patuh sampai kepada detail-detail gerak dan bacaan (tertib hubungan rakyat dan pemimpin)
5. Jika Imam keliru, makmum boleh mengkoreksi dengan membaca subhanalloh
6. Jika imam batal (buang angin misalnya) ia harus langsung mengundurkan diri, tidak menunggu di demo dulu.
7. Seusai salat (masa jabatan) salam-salaman antara imam dan makmum, happy ending
8. Imam tidak boleh terlalu panjang bacaannya karena tidak semua makmum tahan lama (melihat aspirasi masyarakat), jika dalam keadaan darurat (kebakaran misalnya) imam harus mempercepat salat
9. Jangan memaksa menjadikan orang jahat atau pendosa atau orang yang tidak fasih menjadi imam salat karena makmum pasti tidak khusyuk.
posted by : Mubarok institute

Anonymous Anonymous said.. :

Mari kita berdakwah kerna dengannya Allah akan beri hidayahNya kepada muanusia mengikut ketentuanNya.

11:45 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

That's a great story. Waiting for more. Yarrow golf club men's ncaa basketball tickets Backpack kid nascar Plastic surgeon rape miami Generic name for lipitor Mesothelioma lawsuit law attorney asbestos cancer11

8:06 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

Hi there! I just would like to give a huge thumbs up
for the great information you have got here on this post.
I will be coming again to your weblog for extra soon.

Also visit my blog post; les petits cherubs daycare

4:32 PM  
Blogger Unknown said.. :

replica bags uk gucci fake q6z97f2f73 replica bags vuitton pop over to this website g9j69h8r64 replica louis vuitton replica bags toronto this article w3a39x4n93 buy replica bags replica bags ebay

3:42 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger