Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Tuesday, November 14, 2006

RUHANI-1:Ruhani itu apa ?
at 11:43 PM 
Manusia adalah makhluk yang memiliki dimensi jasmani dan ruhani, jiwa dan raga. Meski tubuh manusia juga memiliki kerumitan, tetapi ilmu yang berbicara tentang kesehatan tubuh sudah sangat maju, jumlah dokter sudah sangat banyak, industri obat juga sudah berkembang pesat. Sedang ilmu yang berbicara tentang dimensi ruhani manusia, masih jauh tertinggal, konsep keruhanian juga masih belum final perumusannya, ahli kesehatan ruhaninya bukan saja kurang tetapi juga tidak ada standarisasi, sehingga siapa sebenarnya expert bidang kerohanian; psikolog, psikiater, kyai, dukun atau paranormal , semuanya masih diserahkan kepada pasar. Ketika kita dipaksa harus menjawab pertanyaan; hakikat manusia sesungguhnya jasmaninya atau ruhaninya ? maka hampir pasti kita menjawab yang kedua. Sehari-haripun orang awam berkata, manusia itu yang penting kan hatinya, yang penting jiwanya.

Ruhani itu apa ?

Kata ruhani berasal dari kata ruh. Dalam bahasa Arab kalimat ruh mempunyai banyak arti. Disamping kata ruh ada kata (rih) yang berarti angin dan rauh - yang berarti rahmat. Ruh dalam bahasa Arab juga digunakan untuk menyebut jiwa, nyawa, nafas, wahyu, perintah dan rahmat. Jika kata ruhani dalam bahasa Indonesia digunakan untuk menyebut lawan dari dimensi jasmani, maka dalam bahasa Arab, kalimat (ruhaniyyun- ruhaniy) digunakan untuk menyebut semua jenis makhluk halus yang tidak berjasad, seperti malaikat dan jin, Dalam Al-Qur’an, ruh juga digunakan bukan hanya satu arti. Term-term yang digunakan Al-Qur’an dalam menyebut ruh, bermacam-macam. Pertama ruh disebut sebagai sesuatu :
ويسئلونك عن الرّوح قل الرّوح من امر ربّى وما أوتيتم من العلم الاّ قليلا

artinya : Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh, jawablah bahwa ruh itu urusan Tuhanku, dan kalian tidak diberitahu tentang ruh itu kecuali hanya sedikit (Q/17:85)

Melihat dari latar belakang turunnya ayat tersebut , yaitu pertanyaan orang tentang ruh yang belum bisa dijawab secara memuaskan oleh manusia ketika itu adalah ruh manusia yang menjadikan seseorang masih tetap hidup .Jawaban singkat Al-Qur’an atas pertanyaan itu menunjukkan bahwa ruh akan tetap menjadi rahasia yang hanya diketahui oleh Tuhan. Kebanyakan penyebutan ruh dalam Al-Qur’an seperti dalam surat al Anbiyā/21:91), dan surat as Sajdah/32:9) juga Q/66:12, Q/15:29, Q/38:72) adalah menunjuk pada ruh dimaksud diatas.

Selanjutnya Al-Qur’an juga banyak menggunakan kalimat ruh untuk menyebut hal lain, seperti :
1. malaikat Jibril, atau jenis malaikat lain, الرّوح الأمين arruh al amin seperti yang tersebut dalam surat Q/26:193, Q/2:87, Q/16:102, Q/70:4, Q/7838, Q/97:4),
2. rahmat Allah kepada kaum mu’minin (وأيّدهم بروح منه) seperti yang tersebut dalam surat al Mujādilah/58:22)
3. kitab suci Al-Qur’an (وكذلك أوحينا اليك روحا من أمرنا) seperti dalam surat as Syūra/42:52).

Penyebutan ruh untuk Al-Qur’an menurut para mufassir dinisbatkan kepada ruh kebenaran yakni bahwa al Qur’an merupakan penyebab adanya kehidupan akhirat seperti yang disifatkan dalam surat al ‘Ankabūt/29:64 bahwa akhirat itu adalah kehidupan yang sebenarnya (وانّ الدّار الآخرة لهى الحيوان). Sedangkan ruh dalam hubungannya dengan Nabi Isa, seperti yang tersebut dalam surat an Nisā/4: 171 (انّما المسيح عيسى ابن مريم رسول الله وكلمته القاها الى مريم وروح منه) sebagian mufassir menyebut bahwa kalimat وروح منه bukan dalam arti ditiupkan ruh dari Allah tetapi Isa itu sendiri adalah wujud rahmat dan cinta Nya.

Aspek-Aspek Ruhani Manusia

Berbeda dengan aspek-aspek jasmani manusia yang dapat dilihat dan dikonfirmasi dengan alat, aspek-aspek ruhani manusia hanya bisa diakses melalui fikiran dan perasaan. Instrumen keruhanian manusia seperti yang disebut dalam al Qur’an adalah `aql, qalb, nafs, syahwat, hawa, dan bashirah, yang kesemuanya berada dalam sistem nafsani.

1. `Aql (akal) lebih merupakan aspek intelektual manusia yang kerjanya berfikir dan problem solving capasity, mampu menemukan kebenaran tetapi bukan menentukannya. Istilah akal yang sehat (al `aql as salim) sering digunakan untuk menyebut kesehatan seluruh aspek ruhani.

2. Qalb (hati) merupakan pusat kendali sistem ruhani, alat untuk memahami realita dan pemutus tindakan, berkesadaran.Hati hanya memutus apa yang disadari, sedang apa yang sudah dilupakan tidak lagi berada dalam hati, tetapi di dalam file alam bawah sadar di dalam nafs, yang terkadang muncul dalam mimpi. Tabiat hati itu inkonsisten, berubah-ubah. Istilah hati yang sehat (qalbun salim) juga digunakan untuk menyebut kesehatan seluruh sistem nafsani.

3. Bashirah (hati nurani) merupakan titik Tuhan (God Spot), atau menurut ilmu tasauf sebagai cahaya ketuhanan yang ada dalam hati (nurun yaqdzifuhullah fi al qalb). Berbeda dengan hati yang bertabiat inkonsisten, nurani kejujuranya sangat konsisten dan tidak mau diajak kompromi. Jika anda merasa iba, empati, menangis di Ka`bah, itu semua bersumber dari kejujuran nurani.

4. Syahwat, merupakan penggerak tingkah laku (motiv). Menurut al Qur’an manusia dihiasi dengan syahwat kepada lain jenis (seksual) anak-anak (kebanggan), perhiasan atau benda berharga (kebanggaan ), kendaraan yang bagus (kebanggan dan manfaat), ternak dan kebun (manfaat dan kebanggan). Syahwat sifatnya netral, dan halal sepanjang prosedurnya benar.

5. Hawa (dalam bahasa Indonesia menjadi hawa nafsu), adalah syahwat kepada kepada sesuatu yang rendah, yang haram, yang merusak, yang berdosa. Menyalurkan syahwat seksual degan menikah bernilai ibadah, berpahala, menyalurkannya melalui zina adalah wujud hawa nafsu, berdosa. Ingin kaya dengan kerja keras adalah ibadah , jika dengan korupsi adalah wujud dari hawa. Tabiat hawa adalah ingin mereguk kenikmatan sesegera mungkin dan tak peduli kepada akibat. Jika hati dan akal senang merenung ulang, mempertimbang untung rugi, maka hawa nafsu mengedepankan aji mumpung, sikat duluan mikir belakangan. Begitu kuatnya pengaruh hawa sehinga menurut al Qur’an ada orang yang mempertuhankan hawa (ittakhaza ilahahu hawahu), maksudnya dalam hidupnya ia tunduk patuh kepada tuntutan hawa nafsu, membelakangkan akal sehat dan hati nurani.
posted by : Mubarok institute

Anonymous myogaswara@yahoo.com said.. :

Dalam diri manusia ada 3 komponen :
JASMANI, RUHANI DAN JIWA.
RUH SEBAGAI GENERATOR JASMANI YANG BERSUMBER DARI DARI ALLAH SWT, JIWA YANG BERTANGGUNG JAWAB THD PERBUATANNYA DIDUNIA INILAH MANUSIA.

Ayat lahirnya Jiwa:
Al Araaf 7:172. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari SULBI mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap JIWA mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuban kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",

Ayat munculnya Ruh :
(QS AS SAJDAH 32:9). Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

myogaswara@usa.com
www.spiritualonline.blogspot.com

12:57 PM  
Blogger chenlina said.. :

chenlina20150603
polo ralph lauren
coach outlet online
tory burch outlet
timberlands
jordan shoes
prada
imitation watches
ray ban sunglass
cheap oakleys
coach factory
michael kors outlet
cheap nfl jerseys
toms shoes
gucci outlet
ray ban glasses
hollister kids
fitflops clearance
michael kors outlet online
new lebron james shoes
abercrombie & fitch new york
louis vuitton outlet
michael kors
kevin durant basketball shoes
air jordan retro
oakley sunglasses
christian louboutin sale
louis vuitton
hollister clothing store
ray bans
tory burch handbags
oakley sunglasses
louis vuitton handbags
true religion sale
kate spade bags
hollister clothing store
polo outlet
jordan retro 4
beats by dr dre
kobe bryant shoes
abercrombie
as

5:57 PM  
Blogger chenlina said.. :

chenlina20151212
jordan 11
supra shoes
abercrombie & fitch
hollister co
ugg outlet
louis vuitton handbags
ray ban sunglasses
air force 1
jordan retro 11
michaek kors outlet
louis vuitton outlet
louis vuitton outlet
the north face outlet
oakley sunglasses cheap
jordan concords
adidas originals
mulberry handbags
beats by dre
ugg boots outlet
michael kors handbags
ugg slippers
uggs sale
jordan retro
cheap oakley sunglasses
michael kors outlet
coach factory outlet
uggs boots
ray ban sunglasses
coach outlet store online
chanel bags
ralph lauren uk
canada goose jackets
ugg boots
coach outlet
tiffany and co
ugg boots on sale
coach outlet online
canada goose outlet online
lebron shoes
coach outlet store
as

6:05 PM  
Blogger dalia alaa said.. :

http://www.prokr.net/2016/09/furniture-transfer-companies-44.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-transfer-companies-43.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-transfer-companies-42.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-transfer-companies-41.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-transfer-companies-40.html
http://www.prokr.net/2016/09/furniture-transfer-companies-39.html

5:26 PM  
Blogger omar ali said.. :

I was excited to discover this website
https://antinspect.weebly.com/blog
https://antinspect.blogspot.com.eg/
https://antinspect.wordpress.com/
Pro4arb.net

1:47 AM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger