Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Monday, March 30, 2009

Nafs pada Orang Meninggal Dunia
at 10:50 PM 
Pengertian mati dan hidup harus dibedakan antara pengertian medis dan pengertian eskatologis. Secara medik, mati mengandung arti kebalikan dari hidup, sedangkan dalam konsep eskatologis seperti yang dianut al-Quran, disamping ada hidup di alam dunia, mamsih ada kehidupan setelah kematian, dan bahkan al-Quran menyatakan dalam surat al- Ankabut / 29:64 bahwa kehidupan setelah mati itulah kehidupan yang sebenarnya.

Tentang jasad orang mati yang hancur menjadi tanah pun, al-Quran menyatakan dalam surat Yasin / 36:78-79 bahwa kelak Allah akan menghidupkan kembali tulang belulang yang sudah hancur dan nafs akan dipertemukan dengan tubuhnya, seperti yang dipaparkan dalam surat al-Takwir / 81:7. Al-Quran juga menggunakan term nafs untuk menyebut totalitas manusia dalam arti jiwa dan raga seperti yang tersebut dalam surat al-ma idah / 52:32 dan totalitas manusia dalam arti yang harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di akhirat seperti yang disebutkan dalam surat Yasin / 36:54.

Dengan demikian, menurut al-Quran, nafs itu dengan sistemnya tetap berada pada manusia pemiliknya, baik ketika ia berada bersama jasadnya dalam alam kehidupan dunia maupun ketika setelah berada dalam alam kematian (kehidupan di akhirat). Yang membedakan ialah bahwa dalam alam kehidupan dunia, nafs dalam status usaha, sementara nafs di alam akhirat hanya tinggal menerima pahala atau azab.

Adapun roh, ia ditiupkan Allah ke dalam jasad yang sudah memenuhi syarat kesempurnaan seperti yang diisyaratkan dalam surat al-Sajdah / 32:7-9, dan ketika ajal telah tiba, roh dipisahkan dengan jasad oleh malaikat maut, seperti yang diisyaratkan surat al-Anam / 6:93. Jadi, dalam keadaan mati, jasad seseorang sudah tidak ada rohnya yang mmenyebabkan ia hidup. Al-Quran tidak berbicara tentang perjalanan roh setelah kematian seseorang, apakah roh pindah ke alam baqa atau hilang kembali ke asalnya. Al-Quran surat al-Isra / 17:85 telah menutup peluang untuk mengetahui lebih banyak tentang roh dengan kalimat roh itu urusan Allah SWT dan manusia hanya diberi sedikit pengetahuan itu.

Al-Quran menyebutkan bahwa manusia akan dikembalikan kepada Allah. Tentang kembalinya manusia kepada Allah SWT, al-Quran menggunakan tiga term, yaitu:

1) Bahwa setiap yang berjiwa akan merasakan mati dan kemudian akan dikembalikan kepada Allah, disebut dalam surat al-Ankabut / 29:57

2) Bahwa manusia akan kembali kepada Allah, disebutkan dalam surat al-Baqarah / 2:156

3) Bahwa Allah adalah tempat kembalinya manusia, disebut dalam surat Alu ‘Imran / 3:55 .

Tentang siapa yang kembali kepada-Nya, apakah rohnya, nafs-nya, akal dan hatinya atau totalitas jiwa raganya, al-Quran menyebut bahwa jiwa manusia harus mempertanggungjawabkan amalnya kepada Allah SWT kelak, yakni:

1)Nafs-nya, seperti yang disebutkan dalam surat Yasin / 36:54,

2) Qalb-nya, seperti yang diisyaratkan surat al-Baqarah / 2:225, dan

3) Fungsi-fungsi jiwanya, pendengaran, penglihatan dan fuad-nya, seperti yang disebut dalam surat al-Isra / 17:36.
posted by : Mubarok institute

Anonymous Syarif Niskala said.. :

Assalamu'alaikum war wab.

Prof Ahmad Mubarok yang luas ilmunya dan lembut hatinya.

Mohon berkenan untuk pula memperhatikan bahwa untuk mewakili keseluruhan (totalitas, jiwa + raga), Al Quran menggunakan istilah An Naas (QS 114 dan banyak ayat lainnya). Sementara kata nafs lebih cenderung digunakan untuk mewakili jiwa (soul) seperti dalam Q.S Al Fajr 89: 27. Untuk menyeru kepada manusia (jiwa + raga), Allah senantiasa menggunakan kata An Naas atau Al Insan.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Syarif Niskala - www.syarifniskala.com atau 0852.9388.8118

6:54 PM  
Blogger Unknown said.. :

2015-7-21 xiaozhengm
hollister clothing
prada handbags
chanel bags
ralph lauren outlet
chaussure louboutin
coach outlet online
nike blazer
michael kors outlet online
toms outlet
air max 95
soccer jerseys wholesale
longchamp pas cher
soccer jerseys
ray ban sunglasses
ray ban glasses
cheap oakley sunglasses
jordan pas cher
prada outlet
abercrombie
cheap ray ban sunglasses
oakley sunglasses
true religion
coach outlet
ray ban wayfarer
longchamp soldes
cheap jordans for sale
mont blanc pen
louis vuitton
louis vuitton pas cher
burberry outlet
michael kors handbag
mcm outlet
chanel online shop
gucci outlet
air max shoes

2:15 AM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger