Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, September 01, 2010

Membangun akhlak manusia (6) Sumber norma akhlak
at 7:31 PM 
Permasalahan pokok akhlak adalah tentang ukuran baik buruk. Persoalannya setiap orang atau setiap budaya boleh jadi tidak meng¬gunakan tolok ukur yang sama dalam menentukan baik dan buruk. Sebagai contoh; bagi orang Bugis, perbuatan melarikan anak gadis oleh seorang lelaki adalah perbuatan siri yang sangat mempermalukan harga diri, dan taruhannya bisa nyawa, tetapi bagi sebagian penduduk etnik Lampung, keberanian melarikan gadis pujaan karena ditolak lamarannya justeru dinilai sebagai bukti kesungguhan.


Demikian juga adat sebagian orang Jawa Tengah, menyebut bawaan perkawinan (mas kawin) secara rinci, apa lagi jika dalam jumlah yang besar dipandang sebagai perbuatan yang kurang terpuji karena menunjukkan sikap pamer, sehingga mas kawin yang disebut dan dicatat pegawai KUA selalu berkisar 5.000-10.000 rupiah, sementara orang Betawi justeru dengan bangga menyebut jumlah besar maskawin, bahkan seluruh uangnya yang banyak terkadang dikibarkan seperti bendera hiasan. Pihak besan juga bangga kepada tamu jika menantunya banyak bawaannya.

Di samping itu juga tidak semua perbuatan bisa dihukumi dengan ukuran baik buruk. Tingkah laku seseorang yang merupakan gerak reflek, atau perbuatan seseorang yang dilakukan di luar kesadaran, juga tidak termasuk dalam wilayah hukum baik buruk. Yang menjadi per¬soalan ilmu akhlak adalah perbuatan yang timbul dari orang yang me-lakukannya dengan ikhtiar dan sengaja, dan ia menyadari betul ketika melakukan perbuatan itu.
Persoalan selanjutnya ialah ukuran mana yang bisa dipakai sebagai hukum baik buruk.
posted by : Mubarok institute
My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger