Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, June 23, 2010

Tuntunan Memilih Pasangan
at 10:40 PM 
Agama adalah tuntunan hidup kita, oleh karena itu tuntunannya juga sejalan dengan fikiran (logika) dan perasaan umum manusia. Manusia diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan dilengkapi fitrah kecenderungan (syahwat) yang bersifat universal seperti yang disebut dalam al Qur’an.


artinya : Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu : wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia; dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga) (QS 3:14)

Adalah manusiawi jika kita tertarik kepada lawan jenis, bangga memiliki anak-anak yang banyak dan sukses, senang memiliki benda-benda berharga, kendaraan bagus , kebun luas dan Mobil mewah.

Kita secara Perilaku juga dipengaruhi oleh pola konsumsi. Makanan yang bergizi akan berpengaruh positip pada kemampuan fisik dan mental, makanan yang kurang bergizi akan membuat orang lemah fisik dan bisa juga lemah mental. Demikian juga makanan yang halal akan membuat konsumennya memiliki etos halal dan mudah melakukan perbuatan yang halal , resisten terhadap perbuatan yang haram. Sebaliknya makanan yang haram meski bergizi akan mendorong konsumennya mudah melakukan perbuatan haram. Kata Nabi dalam hadisnya, bahwa sepotong daging dalam tubuh kita yang berasal dari makanan haram akan mendorongnya pada perilaku yang menggiring kita ke neraka (qith`at al lahmi min al haram ahaqqu ila an nar). Kata nabi juga, syaitan itu berjalan dalam tubuh manusia mengikuti jalan peredaran darahnya. Artinya orang yang hidupnya dibesarkan oleh produk syaitan (kejahatan) maka ia akan selalu terseret pada perbuatan syaitan (kejahatan).

Adalah keliru, mengharapkan kebahagiaan abadi dalam rumah tangga semata-mata mengandalkan kesejahteraan materi. Kebahagiaan materi akan menjadi spiritual jika orang terlibat kerja keras dan halal ketika memperolehnya. Bekas orang miskin yang kemudian sukses menjadi orang kaya raya secara halal, ia akan menceriterakan kemiskinan masa lalunya dengan senyuman indah. Sebaliknya orang miskin yang dulunya adalah pewaris kekayaan besar tetapi kemudian bangkrut karena tidak memiliki etos kerja yang benar, maka ia dengan sedih dan pilu menceriterakan kejayaan masa lalunya. Keindahan rumah tangga adalah jika dari awal, pasangan suami isteri itu berkesempatan melewati tahap-tahap perjuangan hidup hingga sukses bersama. Selanjutnya adalah kebahagiaan orang tua, jika sukses mewariskan etos kerja keras dan halal kepada anak-anaknya, bukan sekedar mewariskan hartanya yang banyak. Sudah barang tentu sungguh suatu keberuntungan, jika seorang perempuan dilamar oleh orang kaya yang sholeh, sebagaimana sungguh beruntung seorang pemuda miskin yang saleh diambil mantu oleh keluarga kaya yang sholeh.
posted by : Mubarok institute

Blogger Goldman said.. :

Tulisan yang juga menyejukkan (Ikram)

7:05 AM  
Blogger The Summer (Deny the Sams) said.. :

Dear Moderator,

Kadang kita menyadari pentingnya akhak pasangan kita, namun jika seorang laki-laki yang sudah berjanji untuk menikahi seorang wanita (baru berpacaran, lalu Cantik parasnya), namun dalam perjalanan dia menginginkan menikahi wanita yang sholehah (walaupun wajahnya sederhana). Dalam hal ini apakah dia berdosa dan dilarang meninggalkan wanita yang sudah diberikan janji, atau semangat menkahi wanita yang sholehah ini termasuk kepada jalan dalam berlomba2x mencari keridhoan Allah? karena saya pernah mendapatkan pelajaran, bahwa dalam urusan beribadah kita harus berlomba-lomba, jangan mengalah..sebagai contoh kecil adalah berwudhu, disaat mengantri, lalu ada satu keran yang kosong, kita tidak usah menawarkan pada orang lain dahulu, jika kita sendiri memang memerlukannya untuk berwudhu. Nah Moderator, apa yah kira-kira jalan terbaik dari permasalahan diatas, terimakasih, wassalam!

11:16 PM  
Blogger Zheng junxai5 said.. :

zhengjx20160530
gucci outlet
polo ralph lauren
juicy couture
michael kors outlet
replica rolex watches
oakley outlet
polo ralph lauren outlet
michael kors outlet clearance
nike store outlet
louis vuitton purses
ray ban sunglasses
nike air max uk
ray ban sunglasses outlet
rolex watches
toms outlet
adidas superstar trainers
louis vuitton outlet stores
kobe 10
retro 11
ladies cartier watches
michael kors outlet clearance
louis vuitton outlet online
air jordan 8
designer handbags
michael kors outlet
nike blazers shoes
lebron 12
air force 1 trainers
oakley sunglasses
cheap oakleys
nike air huarache
lebron 13
nike blazers uk
timberlands
christian louboutin outlet
louboutin femme
louis vuitton outlet
gucci outlet
louis vuitton handbags
coach outlet clearance

10:58 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger