Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, April 14, 2010

Infrastruktur Kepribadian I
at 12:50 AM 
Membangun kepribadian bukanlah pekerjaan yang sederhana. Ia membutuhkan situasi psikologis dan sugesti yang kondusif bagi internalisasi nilai. Infrastruktur yang harus disediakan bagi pembentukan insan yang berkepribadian antara lain:
1.Pengetahuan tentang nilai
Tingkah laku manusia dipengaruhi oleh aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jika sesorang memiliki nilai kapasitas yang seimbang dari ketiga aspek tersebut, maka secara teori ia dapat hidup harmoni dengan lingkungan dan dengan dirinya karena ia mampu mengamati dan merespon permasalahan secara benar dan proporsional. Jadi pengetahuan tentang nilai akhlak itu sangat besar pengaruhnya dalam pembentukan kepribadian terutama bagi anak yang memiliki fitrah bawaan yang baik. Pengetahuan tentang nilai-nilai akhlak bisa disampaikan; (a) oleh orang tua di rumah, sejak dini, melalui dongeng sebelum tidur, kemudian melalui nasehat rutin, nasehat khusus sehubungan dengan event-event penting, misalnya ketika akan berangkat merantau, ketika dalam proses memilih jodoh, ketika memulai hidup rumah tangga, ketika menduduki suatu jabatan dan sebagainya, (b) oleh guru sekolah, berupa pelajaran ilmu akhlak atau budi pekerti, meski pada umumnya lebih pada aspek kognitif, sedikit aspek afektif, tetapi disiplin sekolah, cukup besar pengaruhnya dalam diri si murid, sekurang-kurangnya masuk ke dalam alam bawah sadar, (c) oleh ulama atau orang bijak setiap usai shalat atau dalam pengajian, atau dalam pertemuan khusus, (d) oleh cendekiawan melalui forum diskusi, (e) melalui literatur yang terprogram, dan (f) bisa juga diperoleh dari peristiwa yang mengesankan hatinya yang kemudian dijadikan pelajaran.

2. Menciptakan lingkungan yang kondusif
Menurut suatu penelitian yang dikutip oleh Prof. Dr. Zakiah Dradjat, disebutkan bahwa perilaku manusia 83 % dipengaruhi oleh apa yang dilihat, 11% oleh apa yang didengar, dan 6 % sisanya oleh gabungan dari berbagai stimulus. Dalam perspektif ini maka pengaruh lingkungan terhadap pembentukan kepribadian orang sangat besar, di dalam rumah dan di luar rumah.
Tamsil perumpamaan kekuatan lingkungan disebutkan dalam hadis nabi yang mengatakan bahwa bergaul dengan orang baik itu seperti berdekatan dengan penjual minyak wangi, meskipun tidak membeli tetapi dirinya ikut berbau wangi karena watak penjual minyak wangi itu selalu menempelkan minyak wangi yang dijajakannya itu kepada setiap orang yang mendekat (sebagai promosi), sementara bergaul dengan orang jahat itu ibarat berakrab-akrab dengan tukang pandai besi (yang sedang bekerja), kalau tidak terpercik apinya, hampir pasti abunya akan mengotori pakaiannya.
posted by : Mubarok institute

Blogger riza d.cobain marx said.. :

prof, mengenai menciptakan ligkungan yang kondusif untuk membentruk karakter/pribadi baik apa ga susah prof? ko kayanya gampang baget teorinya. saat anak mulai tumbuh/belajar/menyerap budaya keotaknya tapi dengan tetangganya yg rusak, sekolahnya yg rusak, temanya yg rusak, perisai yang dimiliki si anak akan jebol juga.
maksud sy prof, anak terbentuk kepribadiannya dilingkungannya, karena lingkungan anak bukan keluarga saja, anak pasti mampu dan ingin memasuki budaya luar/lain yang belum pernah dirasakan di keluarganya. Prof, bagaimana dengann orang tua yang mau belajar/memahami budaya si anak saat masa2 tumbuh kembangnya? Orang tua mau mengerti/mengikuti si anak karena anak mengikuti zamanya tumbuh kembangnya?

6:15 PM  
Blogger Xiaozhengmm 123 said.. :

2015-7-21 xiaozhengm
oakley sunglasses wholesale
oakley sunglass
true religion jeans
nike air max
louis vuitton
ray ban uk
michael kors outlet
cheap oakleys
oakley sunglasses
pandora rings
true religion outlet
pandora jewelry
kate spade handbags
tory burch outlet
ed hardy clothing
pandora outlet
tory burch outlet online
michael kors
michael kors
true religion outlet
gucci
replica watches
burberry sale
cheap beats headphones
burberry handbags
gucci outlet
coach outlet
michael kors
michael kors bag
coach factory outlet
burberry scarf
burberry outlet online
oakley sunglasses outlet
hollister clothing store
jordan shoes
cheap jerseys
ed hardy clothing
ed hardy
michael kors outlet
replica watches cheap

2:05 AM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger