Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, April 11, 2007

Perilaku Manusia (1)
at 8:52 PM 
Globalisasi dan Perilaku Manusia

Globalisasi memungkinkan kita mengetahui berbagai ragam perbuatan manusia di berbagai belahan bumi, baik yang diaekakukan oleh orang-orang primitip di Negara terbelakang, maupun yang dilakukan oleh orang terpelajar dari Negara maju. Kita cepat memahami perilaku aneh dari orang-orang primitip, tetapi kita tak habis-habisnya heran terhadap perilaku biadab yang dilakukan oleh manusia terpelajar dari Negara maju. Ketinggian sain dan kemajuan tekonologi bukan meningkatkan kualitas makna hidup, tetapi justeru mempertinggi kualitas kejahatannya.. Banyak sekali bendera kemajuan yang mengatasnamakan demokrasi, Hak Azazi Manusia, PerdaganganBebas dan issue-issue lainnya, dibawahnya justeru berlangsung penghancuran infrastruktur, warisan budaya, ekploitasi , bahkan pemusnahan ummat manusia. Jika kita merenungkan hal itu dalam-dalam, maka kita terkadang menjadi tidak faham, siapa sebenarnya manusia itu.

Inilah yang menyebabkan studi tentang manusia itu selalu menarik dan akan tetap menarik. Daya tarik pembicaraan tentang manusia itu disebabkan karena pengetahuan tentang makhluk hidup dan terutama tentang manusia belum mencapai kemajuan seperti yang telah dicapai dalam bidang ilmu pengetahuan lainnya. Pertanyaan tentang manusia pada hakikatnya hingga kini masih tetap tanpa jawaban.
posted by : Mubarok institute

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger