Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Tuesday, November 27, 2007

Rangking Menejemen Hidup
at 8:28 PM 
Ada empat tingkatan, bagaimana orang meminij hidupnya, baik dari segi perolehan harta maupun perolehan ilmu. Dari aspek perolehan harta :

Ada orang yang memandang bekerja sebatas sebagai bekerja. Pekerjaan apa nggak penting, yang penting bekerja.

Ada orang yang bekerja atau berusaha, pusat perhatiannya adalah pada mengumpulkan hasilnya. Keuntungan usahanya selalu ditabung, dan setiap hari ia melihat dengan senang pertambahan angka-angka pada buku tabungannya. Saking senangnya melihat uangnya ngumpul, sampai ia kikir, bukan saja untuk orang, bahkan untuk keperluan dirinya. Jika sakit ia tidak ke dokter karena takut mahal, berpakaian juga sangat sederhana karena ia sayang mengeluarkan uang untuk membeli pakaian yang layak. Puncak kebahagiaan type orang ini adalah pada melihat jumlah tabungannya.
Ada orang yang bekerja keras, dan pusat perhatiannya adalah untuk diri sendiri. Berapapun harganya jika untuk kepentingan dirinya maka ia akan membayarnya. Tetapi jika untuk orang lain, bahkan untuk isteri dan anaknya, ia kikir. Seluruh usaha dan pekerjaanya diminij untuk kesenangan dirinya.

Ada orang yang bekerja dan berusaha keras sepanjang usianya, karena ia terpanggil untuk berbuat bagi orang banyak. Ia sangat tersentuh melihat banyak anak-anak tidak bisa melanjutkan sekolah, banyak orang sakit nggak bisa berobat, banyak orang makan dengan gizi rendah, maka obsessinya adalah ingin membangun sekolah, membangun rumah sakit, melakukan budidaya pertanian, yang kesemuanya diperuntukkan bagi kemaslahatan orang banyak. Ia selalu merindukan untung besar dalam usahanya, sejalan dengan kebutuhannya yang besar membantu masyarakat luas. Sedangkan untuk diri sendiri ia mengkonsumsi sekedar memenuhi standard kebutuhan universal.
posted by : Mubarok institute

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger