Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Tuesday, October 30, 2007

Adil dan Zalim.
at 1:37 AM 
Adil artinya meletakkan sesuatu pada tempatnya, yang salah ditempatkan pada kelompok orang salah dan yang benar ditempatkan pada kelompok orang benar. Keadilan hokum biasanya diukur dengan pasal-pasal dan ayat-ayat hokum, oleh karena itu seberapa lama orang jahat harus dihukum disesuaikan dengan bunyi pasal-pasal KUHP. Hanya saja harus dibedakan antara keadilan hokum dengan rasa keadilan. Keadilan berdasar KUHP belum tentu menjamin adanya rasa keadilan.

Pencuri ayam bisa dihukum enam bulan, sementara koruptor seratus juta yang setara dengan harga sepuluh juta ekor ayam bisa terhindar dari jeratan ayat-ayat hokum, karena ia pandai mensiasati pasal-pasal hukum. Nuansa keadilan adalah keseimbangan, oleh karena itu lambang lembaga hokum adalah alat timbang. Keseimbangan merupakan karakteristik alam ciptaan Tuhan yang Maha Adil. Jika keseimbangan alam dirusak oleh tangan manusia maka bencana menimpa manusia. Demikian juga penguasa yang tidak adil, dampaknya adalah bencana yang menimpa rakyatnya. Lawan dari adil adalah zalim.

Zalim berasal dari bahasa Arab dzolama - yadzlimu –dzulmun= dzulumat- dzalim-madzlum yang arti dasarnya adalah gelap. Orang zalim adalah orang yang perilakunya seperti orang yang berada dalam kegelapan sehingga ia tidak menempakan sesuatu pada tempatnya, mislnya orang yang tidak bersalah dihukum, uang milik Negara dimasukkan ke kantong sendiri, sudah punya isteri malah bawa isteri orang. Dalam bahasa sehari-hari orang zalim biasa disebut sewenang-wenang.
posted by : Mubarok institute
My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger