Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Tuesday, February 12, 2008

Mengasah Nurani
at 11:43 PM 
Ketika bangsa Indonesia sedang carut marut sekarang,banyak diantara kita yang mengatakan bahwa nurani bangsa sedang mati. Perilaku masyarakat kita, baik pejabat,anggauta dewan bahkan rakyat di jalanan lebih didorong oleh syahwat dan hawa nafsu dibanding oleh akal sehat, apa lagi oleh nurani.. Bayangkan, apa motif perkelahian antara TNI dan polisi di Maluku hingga beberapa polisi tewas sia-sia ? politik bukan, ekonomi bukan, apalagi kalau bukan hawa nafsu ?. bayangkan antar supporter sepakbola berkelahi dan merusak rumah penduduk. Begitu gemasnya melihat perilaku bangsa yang tidak lagi mengikuti murani sampai ada tokoh yang mencari solusi dengan mendirikan Partai Hati Nurani . Tetapi betulkah Partai Hati Nurani juga di latar belakangi oleh dorongan nurani ? Jika bukan maka jangan-jangan nurani hanya dijadikan komoditas politik untuk mencari kepuasan syahwat politik. Atau kita memang belum tahu nurani itu apa ?

Pengertian Nurani
Nurani berasal dari bahasa Arab Nur, yang artinya cahaya, nuraniyyun, sesuatu yang bersifat cahaya. cahaya apa ? Menurut perspektip Psikologi Islam, perangkat kejiwaan manusia itu terdiri dari akal, hati,nurani, syahwat dan hawa nafsu. Akal merupakan problem solving capacity yang kerjanya berfikir, hati merupakan alat untuk memahami realita, nurani merupakan pandangan mata batin sebagai lawan dari pandangan mata kepala. Syahwat merupakan penggerak tingkah laku atau motif, dan hawa nafsu merupakan kekuatan destruktip yang menguji kemampuan jiwa. Sebagai system, kelima subsistem tersebut dipimpin oleh hati, oleh karena itu jika orang hatinya baik maka perilakunya juga baik,jika hatinya busuk maka perilakunya juga busuk. Nurani lebih dekat ke hati,oleh karena itu dinamakan hati nurani.

Teori Pancaran
Konsep nurani berasal dari teori isyraqy atau teori pancaran yang menyatakan bahwa Tuhan adalah cahaya (Allohu nur assamawati wa alardh). Seperti matahari yang selalu memancarkan cahayanya, ia meninggalkan jejak cahayanya di bumi berupa kehidupan, kehangatan atau panas dan terang. Di malam hari, panas dan cahaya matahari itu berusaha kembali ke cahaya asal meninggalkan bumi dalam keadaan gelap dan dingin. Nah Tuhan memancarkan cahaya Nya, dan diantara jejak cahaya Tuhan adalah manusia, oleh karena itu didalam diri manusia ada cahaya ketuhanan, disebut bashirah (pandangan batin) atau nurani (sesuatu yang bersifat cahaya). Dan nurani memiliki kerinduan untuk selalu kembali kepada Tuhan sebagai cahaya asalnya.

Berbeda dengan hati yang wataknya tidak konsisten; terkadang benci dilain waktu cinta, terkadang sadar dilain waktu lupa, terkadang tenang dilain waktu bergejolak, nurani yang merupakan cahaya ketuhanan bersifat konsisten, tidak mau kompromi dengan kebohongan dan kejahatan. Betapapun orang menang di pengadilan dengan cara menyuap hakim,nuraninya tetap jujur mengatakan bahwa ia lah yang bersalah. Nurani tetap konsisten dengan kejujuran.

Mengapa? Karena seperti yang dikatakan dalam ilmu tasauf nurani adalah cahaya yang ditempatkan Tuhan di dalam hati manusia, nurun yaqdzifuhulloh fi al qalbi. Hanya saja sebagaimana cahaya terkadang buram dan gelap, nurani manusia juga terkadang buram,gelap atau bahkan mati, yakni ketika cahaya itu tertutupi oleh tabir. Jika nurani mati maka orangnya seperti berada di tempat gelap (dzulm) sehingga perilakunya juga seperti perilaku orang dalam kegelapan, salah tempat,salah ambil, salah persepsi, salah naroh dan salah langkah.

Dari kata dzulm itu maka orang yang nuraninya tertutup atau mati disebut orang dzalim, yakni orang yang menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya. Cahaya nurani bisa tertutup oleh dua hal ; keserakahan/ambisi dan perbuatan dosa. Orang yang serakah pasti nuraninya tak berfungsi, sudah jabatannya tertinggi,gajinya paling banyak,jatah orang miskin pun masih disikat juga.. Demikian juga orang yang ambisius, segala macam cara ditempuh untuk menggapai ambisinya, tak peduli benar atau salah, tak peduli merugikan Negara dan bangsa. Orang yang biasa melakukan dosa juga seperti orang berada dalam kegelapan sehingga di rumah sendiripun ia tidak bisa membedakan mana kamar isteri dan mana kamar pembantu.

Nurani Politik
Jika politik difahami sebagai kekuasaan,maka watak politik adalah korup. Korupsi adalah memanipulasi angka dan fakta untuk kepentingan sendiri. Jika dihubungkan dengan typologi kejiwaan, maka politisi yang lebih dipengaruhi oleh akalnya cenderung rasionil meski terkadang kering, politisi yang lebih dipengaruhi oleh hati maka cenderung hati-hati, politisi yang lebih dipengaruhi oleh syahwat cenderung mudah terdorong ke ambisi, politisi yang lebih dipengaruhi oleh hawa nafsu cenderung destruktip dan jahat,nah orang berpolitik karena panggilan nurani cenderung kepada keinginan memberi dibanding keinginan menerima.

Nurani vs Syahwat Politik
Syahwat adalah kecenderungan kepada apa-apa yang diingini. Tuhan menghiasi manusia dengan syahwat seksual, kebanggaan kepada anak-anaknya, menyenangi perhiasan dan barang berharga, menyukai kendaraan bagus, ladang dan ternak, pokoknya segala yang dipersepsi sebagai kelebihan,kenyamanan dan kebanggaan. Syahwat politik adalah kecenderungan orang untuk menguasai orang lain, fikirannya , seleranya bahkan kemauannya,sehingga syahwat politik mendorong orang untuk bisa menjadi orang nomor satu; ketua, direktur, lurah bahkan presiden,agar ia dapat menguasai dan mengatur orang lain.

Sesungguhnya syahwat itu manusiawi, netral dan tidak mesti jelek. Jika orang menggapai syahwat dengan mengikuti prosedur dan mematuhi hokum (hokum Tuhan,hokum Negara dan hokum etika) serta jujur maka aktualisasi syahwat itu sah dan bahkan bisa bernilai ibadah. Akan tetapi karena politik itu cenderung korup maka syahwat politik pada umumnya mendorong kepada ambisi, sementara ambisi menutup nurani . Oleh karena itu mengusung nurani dalam gerakan atau manuver politik riskan tergelincir kepada manipulasi , tidak jujur dalam menilai, tidak jujur dalam mengkritik, dan lupa introspeksi.

Adakah Pemimpin Yang Bernurani ?
Sudah barang tentu ada. Ciri pemimpin yang digerakkan oleh nurani politik adalah tampil karena panggilan,bukan karena berhitung. Dalam suasana yang tak berpengharapan, maju kena mundur kena, bangsa berada ditubir kehancuran, pemimpin konvensional sibuk berhitung posisi berebut kamar padahal “kapal” nyaris tenggelam, nah… dalam keadaan seperti itu biasanya muncul seorang pemimpin yang terpanggil nuraninya untuk menyelamatkan keadaan. Ia siap memberikan apapun yang dimiliki tanpa berhitung untung rugi. Fikiran dan hatinya bersih suci dari kepentingan-kepentingan subyektip. Ia tampil bukan karena ingin berkuasa tetapi ingin menyumbangkan potensi dirinya bagi keselamatan bangsa, dan ia bahkan dengan senang hati siap menyerahkan kepemimpinannya itu kepada orang lain yang dinilai lebih tepat.

Nurani yang diiklankan pasti bukan nurani. Menurut teori Psikologi Komunikasi, jika benda-benda konsumtip diiklankan berulang-ulang maka ia akan menarik perhatian konsumen, berpengaruh dari aspek kognitip, afektip bahkan psikomotorik meski benda itu sesungguhnya tidak terlalu bermutu. Mengiklankan nurani yang bermutu secara berulang-ulang dalam waktu lama bukan saja hanya berpengaruh secara kognitip, tidak afektip dan tidak psikomotorik, justeru membuat nurani itu terasa hambar di telinga konsumen.

Bagaimana Mengasah Nurani Kita ?
Nurani adalah kapasitas spiritual yang sangat lembut dan tajam. Barang siapa dalam hidupnya selalu mengikuti bisikan nuraninya, dijamin pilihannya tepat dan langkahnya benar. Problemnya, cahaya nurani tidak selamanya optimal terang, terkadang buram, terkadang bahkan mati. Untuk menjaga agar nurani tetap menyala maka harus dilakukan penjagaan dan perawatan. Penjagaan nurani melalui dua cara;

Pertama, jauhi segala perbuatan dosa . Dosa kecil akan menjadi debu yang membuat cahaya nurani kurang terang. Dosa besar mebuat nurani tertutup seperti cermin yang tersiram cat hitam, gelap. Mencamnpur aduk perbuatan baik dengan perbuatan dosa membuat nurani seperti cermin retak, tidak mampu menangkap realitas secara tepat sehingga keliru persepsi.

Kedua; Hidup sederhana.. Sederhana adalah mengkonsumsi sesuai dengan standard kebutuhan secara universal. Orang boleh punya banyak tetapi yang dikonsumsi sekedar yang dibutuhkan. Banyakorang kaya hidupnya sederhana, tak jarang orang miskin hidupnya bermewah-mewah. Problemnya ialah bagaimana merumuskan kebutuhan. Ada orang yang sudah merasa tercukupi jika kebutuhan hari ini sudah ada, yang lain baru merasa cukupjika kebutuhan esok hari sudah ada, yang lain baru merasa cukup jika kebutuhan untuk satu tahun mendatang sudah tersedia,nah yang lain lagi batru merasa cukupjika kebutuhan untuk tujuh turunan sudah berada dalam gengaman tangannya.

Sedangkan perawatan nurani agar tetap menyala terang dapat dilakukan dengan

1. charge baterai nurani; dalam hal ini dilakukan dengan mendengarkan kata-kata hikmah, membaca kitab suci dan menjalankan ritual ibadah.

2. Berakrab-akrab dengan penderitaan hidup manusia. Orang yang sering mengunjungi dan membantu orang lain yang berada dalam penderitaan (orang sakit, orang miskin papa, korban bencana alam dan orang lain yang tidak beruntung) nuraninya tersentuh seperti bateri yang di charge aliran listerik. Jika sering melakukan maka ketersentuhan itu akan menjadi potensi berupa panggilan nurani untuk melakukan sesuatu yang bermakna.
posted by : Mubarok institute

Blogger sellbuydinar said.. :

Ass. Wr Wb

Mari kaum Muslimin kita hijrah ke Sistem Islam dengan mengguanakan Koin Dinar Emas seperti Jaman rasullulah yg terbukti kebal Inflasi dan resesi…
Pasti anda dan saya sepakat jika ingin Investasinya naik terus , kan dan sangat Liquid kapan dan dimana aja bisa dijual,

Saya sarankan beli GOLD DINAR, DINAR EMAS beneran, bukan Dinar-dinaran !
Harga 1 Dinar Des 2006 cuma Rp. 500,000 an
harga 1 Dinar Juli 2007 sdh Rp. 830,000
Harga di Akhir Okt 2007 sdh Rp. 980,000
November akhir 2007 sdh Rp. 1,070,000.-
januari 2008 sd Rp. 1,190,000.-

Tidak terhalang Rejim yg berkuasa di suatu negara, nggak pandang situasi ekonomi, apalagi politik…Ini merupakan mata uang terkuat di Alam Semesta, karena Allah yg menjamin…..Ashabul Kahfi tertidur 300 taun masih bisa menggunakan uang peraknya apalagi EMAS , 2000 tahun lebih dipakai sejak jaman Julius Caesar, sebelum Jesus lahir.

Beli di Dinar Club keuntungannya
1. Ada sertifikate Aneka Tambang Resmi
2. Harga bebas PPN 10 % tidak seperti di Antam
3. Jual beli sesuai harga Emas Dunia, BUKAN KAYA DI TOKO eMAS

Hubungi Fahmi Idris 0813 1600 4123 atw 021-75902777 atw 021-94209320
http://www.sellbuydinar.blogspot.com

3:24 AM  
Blogger chenlina said.. :

chenlina20150603
polo ralph lauren
coach outlet online
tory burch outlet
timberlands
jordan shoes
prada
imitation watches
ray ban sunglass
cheap oakleys
coach factory
michael kors outlet
cheap nfl jerseys
toms shoes
gucci outlet
ray ban glasses
hollister kids
fitflops clearance
michael kors outlet online
new lebron james shoes
abercrombie & fitch new york
louis vuitton outlet
michael kors
kevin durant basketball shoes
air jordan retro
oakley sunglasses
christian louboutin sale
louis vuitton
hollister clothing store
ray bans
tory burch handbags
oakley sunglasses
louis vuitton handbags
true religion sale
kate spade bags
hollister clothing store
polo outlet
jordan retro 4
beats by dr dre
kobe bryant shoes
abercrombie
as

5:57 PM  
Blogger chenlina said.. :

chenlina20151212
coach factory outlet online
ray bans
cheap uggs
oakley sunglasses
north face outlet
ed hardy clothing
oakley sunglasses
air max 90
coach outlet store online
canada goose
cheap toms
michael kors outlet online
coach outlet
oakley sunglasses
oakley outlet
michael kors outlet stores
coach factory outlet
uggs boots for women
fitflops sale clearance
fake oakley sunglasses
cheap uggs
christian louboutin outlet
cheap oakley sunglasses
uggs on sale
celine handbags
hollister co,hollister jeans,hollister.com,hollister ca
prada handbags
louis vuitton
louis vuitton outlet stores
cheap uggs
polo ralph lauren
official coach factory outlet
ray ban sunglasses
the north face outlet
ugg sale
uggs outlet
north face jackets
michaek kors outlet
replica watches
the north face uk
as

6:08 PM  
Blogger Zheng junxai5 said.. :

zhengjx20160530
kate spade handbags
coach factory outlet
michael kors outlet online sale
louis vuitton handbags
vans sneakers
oakley canada
ray ban sunglasses uk
tods sale
michael kors outlet clearance
jordan retro 8
air jordan 4
ladies cartier watches
ralph lauren home
michael kors outlet clearance
cheap jordans
ray ban outlet
louis vuitton purses
nike roshe run mens
nike free uk
coach outlet store online
nike air max 90
louis vuitton outlet
adidas outlet store
coach outlet online
nike store
michael kors purses
michael kors outlet online
louis vuitton outlet online
concords 11
true religion jeans
rolex watches
beats by dre outlet
adidas running shoes
basketball shoes
ray bans
coach outlet
louis vuitton purses
nike air max uk
michael kors bags
coach outlet

7:57 PM  
Blogger 柯云 said.. :

2016-07-12keyun
discount jordans
true religion outlet
kate spade handbags
oakley sunglasses
abercrombie and fitch
louis vuitton outlet
michael kors outlet
lebron 13
nike air max 90
burberry sale
coach outlet
cheap true religion jeans
cheap toms
tods sale
adidas stan smith
oakley sunglasses wholesale
burberry handbags
cheap jordan shoes
juicy couture
coach outlet store online clearances
christian louboutin wedges
adidas outlet store
coach factory outlet
louis vuitton outlet online
true religion jeans
supra shoes
adidas yeezy
kobe 8
louis vuitton handbags
louis vuitton purses
kate spade handbags
cheap ray ban sunglasses
michael kors handbags
coach outlet
ralph lauren outlet
kate spade outlet
coach outlet
celine outlet
nfl jerseys wholesale

6:13 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger