Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Sunday, November 15, 2009

Tentang Poligami
at 8:39 PM 
Beberapa waktu lalu masyarakat dihebohkan dengan club poligami. berikut ini gambaran bagaimana orang salah memahami hak dalam poligami. Seorang pegawai perusahaan swasta bermaksud poligami. Ia seorang sarjana ekonomi yang baru akrab dengan agama setelah bergaul dengan rekan sekerja yang kebanyakan taat beragama dan agak “fundamentalis”. Lingkungan pergaulannya adalah masyarakat professional, tetapi mereka mempunyai corak keberagamaan yang cukup kental, dengan menonjolkan simbol-simbol tertentu, seperti salat awal waktu, memelihara jenggot dan juga poligami. Di lingkungan grup pengajiannya, poligami dipandang sebagai sunah Nabi yang dianjurkan, sehingga dia dengan semangat mengikuti sunnah Nabi juga bermaksud nikah lagi. Isterinya berasal dari lingkungan masyarakat pesantren, yang juga taat beragama, tetapi simbol-simbol keberagamaannya berbeda dengan lingkungan pengajian suaminya. Isterinya lebih respek kepada kyai di pesantrennya dibanding guru ngaji suaminya yang Insinyur.


Dalam hal rencana nikah lagi, terjadi peselisihan hebat antara suami isteri itu, dan menariknya masing-masing berdalil dengan agama. Suami menganggap rencana nikah lagi itu sebagai perwujudan dari mengikuti sunnah Rasul, sementara isteri memandangnya sebagai akal bulus, yakni menjadikan agama sebagai kedok untuk mencari kepuasan syahwat. Karena keduanya memang orang yang patuh kepada agama, maka pertentangan pendapat suami isteri itu disepakati untuk mencari pembenarannya. Suami memanggil guru ngajinya untuk menasehati isterinya agar patuh kepada suami, sementara isterinya mengajak suaminya silaturrahmi kepada gurunya di pesantren, sekaligus untuk meminta nasehatnya tentang rencana nikah lagi itu. Sang isteri pergi dengan semangat karena yakin pasti pak kyai, gurunya di pesantren itu pasti ada di pihaknya, dan sang suami juga semangat, karena yakin bahwa pak kyai itu lebih mengerti tentang keharusan mengikuti sunnah Rasul, apa lagi pak kyai juga berpoligami.

Anatomi masalah

Sebenarnya, sang isteri tidak bersedia dimadu, lebih didorong oleh perasaanya sebagai wanita. Ia tidak begitu antipati terhadap poligami, karena ia sendiri adalah puteri dari isteri muda seorang kyai, dan ia merasa OK-OK saja berhubungan dengan saudara-saudara tiri dan bahkan ibu tirinya. Akan tetapi dalam hal rencana nikah lagi suaminya, disamping secara naluriah ia tidak bisa menerima, ia juga tidak percaya terhadap otoritas guru ngaji suaminya yang selalu menekankan kewajiban seorang isteri harus patuh kepada suami. Di mata sang isteri guru suaminya itu bukan orang ‘alim, sebagaimana juga suaminya, meskipun mereka itu sarjana dan professional, tetapi bukan dalam bidang agama.

Sementara itu, sang suami yang baru kenal agama setelah berada di lingkungan kerja baru itu merasa bahwa poligami itu mengandung nilai keutamaan agama. Ia bermaksud nikah lagi dengan semangat ibadah, dan sudah barang tentu ada juga motif kepada pengalaman baru hubungan seksual, tetapi ia sama sekali tidak mau terima jika dituduh isterinya bahwa rencana nikah lagi itu hanya akal bulus saja untuk mencari kepuasan seksual. Ia bahkan tidak pacaran dengan calon isteri keduanya itu, karena calon isterinya itu adalah orang yang dikenalkan oleh guru ngajinya. Oleh karena itu ia tanpa ragu sedikitpun untuk memenuhi permintaan isterinya silaturrahmi kepada pak kyai di pesantren.

Pasangan suami isteri itu kemudian mendatangi penulis, dan meminta penulis untuk untuk mengantar mendampingi mereka ke desa di mana kyai itu memimpin pesantrennya.



Solusi yang ditawarkan.

Ketika tiba menghadap pak kyai, setelah basa-basi seperlunya, mereka mengemukakan masalahnya. Suami mengetengahkan maksudnya dan mohon nasehatnya, dan isteri mengemukakan keberatan dan mohon bantuan agar menasehati suaminya.

Pak kyai yang ‘alim ini nampaknya sangat bijak dalam menasehati mereka berdua. Pak kyai bilang, poligami itukan ajaran Islam, ada dalam al Qur’an lagi. Ayahmu kan juga isterinya dua , kata pak kyai kepada tamu wanitanya, nah, seorang muslim jika memang mampu, agama sudah barang tentu membolehkan, asal jujur. Maka nasehatku kepada anda, coba kau tanyakan kepada hati nuranimu, istafti qalbak. Nanti jika nuranimu, bukan syahwatmu sudah menjawab, ya itu artinya nasehat agama. Mendengar nasehat pak kyai itu ,sang suami berseri-seri wajahnya, sementara isterinya diam agak masam muka.

Tetapi menjelang tamunya pamitan, pak kyai berkata : Memang ada tiga orang yang bisa berpoligami. Mendengar kata-kata pak kyai itu, baik sang suami maupun sang isteri nampak sangat antausias ingin mendengar lanjutannya.

Pertama, ratu, atau penguasa, penguasa politik atau penguasa harta, karena kekuasaannya, maka ia bisa mengelola dan mengatur isteri-isterinya.

Kedua; ulama, karena ilmu yang dalam maka ia mampu mengatasi problem yang timbul dari kehidupan berpoligami.

Yang ketiga Orang mbelosondo atau orang ngawur, dengan ngawurnya ia bisa saja mempunyai isteri dua, tiga atau empat sekalian.

Sekarang tanyakan kepada hati nuranimu, sampeyan termasuk yang mana. Nasehat pak kyai yang cespleng itu nampaknya benar-benar mengena. Sepanjang pulang ke rumah dan bahkan sampai berhari-hari di rumah, laki-laki itu merenung bekerja keras bertanya kepada hati nuraninya, apakah ia termasuk orang pertama, kedua atau ketiga. Pada akhirnya ia tidak berani meneruskan rencananya, karena secara sadar nuraninya mengatakan bahwa ia tidak termasuk nomor satu dan bukan pula nomor dua. Untuk menjadi nomor tiga, ahhh...... no way katanya.
posted by : Mubarok institute

Anonymous Anonymous said.. :

wah pencerahan yg simple dan mengena...........terima kasih pak atas tulisannya.

3:34 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

Argumen yg cerdik pak.. tp, apa ada dalil/ dasarnya ya, bhw yg sah b oleh poligami dgn tdk sembrono, cm ratu & kyiai ..? Need more elaboration.

3:51 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

kita harus siap dan harus menyiapkan istri. Intinya hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan besok harus lebih baik dari hari ini. Kluarga kita harus jadi contoh, ini lho yg islami. Harmonis, terlepas mono atau poly. Jangan karena ulah kita ajaran islam yg tinggi jadi ternodai.

4:24 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

sayang nya mereka tidak meneruskan
untuk berkunjung ke ustadz si suami seperti mereka rencanakan semula,

karena bisa saja sang ustadz itu punya argumen lain,

boleh saja kiyai sang istri mempunyai pendapat seperti itu,
tapi apa dia punya hujjah yg cukup untuk pendapatnya itu?

juga,

dari ketiga kriteria itu
1. Harus seorang ratu, atau raja
ini artinya pemimpin,
bisa saja dia adalah setingkat supervisor di kantor dengan membawahi 10 orang bawahannya,
ini juga termasuk pemimpin toh,
2. Kiyai,
saya tidak tau kiyai ini artinya apa,
tapi istilah lain dari kiyai adalah ulama, yang arti dasarnya sebetulnya orang berilmu,
bisa jadi si suami cukup berilmu mengingat mereka para professional?
then dia boleh poligami di sni

:)

myonly2cents

4:47 PM  
Blogger 3n4m53mb1l4n said.. :

Masih banyak amalan sunnah Rasul yang selain polygami yang bisa mendekatkan kita ke dalam Jannatun Na'im.
Menyantuni orang miskin dan anak Yatim.
Polygami, banyak conflict interest nya, tidak dengan menyantuni orang miskin dan anak Yatim.

5:06 PM  
Blogger selaras said.. :

ha.. ha.. ha.. ratu bisa poli gami cuma sama istrinya gak boleh akhirnya selingkuh sama menteri perempuannya. juru bicara istana juga dicari yang bibirnya seksi bukan yang kumisnya tebel he.. he.. he.. kiyainya dah bisa poligami cuma gara-gara jaga image nanti bakalan ditinggalin jamaahnya kaya aa gym akhirnya nyabulin santri-santrinya. gak tanggung-tanggung 14 anak. ha.. ha.. ha..

WAHYU YA WAHYU PAK. KAGA BISA DILOGIKA. MENDING SEKALIAN BRENGSEK AJA PAK KALO NOLAK WAHYU BIAR FAIR.

6:56 PM  
Blogger selaras said.. :

ha.. ha.. ha.. ratu bisa poli gami cuma sama istrinya gak boleh akhirnya selingkuh sama menteri perempuannya. juru bicara istana juga dicari yang bibirnya seksi bukan yang kumisnya tebel he.. he.. he.. kiyainya dah bisa poligami cuma gara-gara jaga image nanti bakalan ditinggalin jamaahnya kaya aa gym akhirnya nyabulin santri-santrinya. gak tanggung-tanggung 14 anak. ha.. ha.. ha..

WAHYU YA WAHYU PAK. KAGA BISA DILOGIKA. MENDING SEKALIAN BRENGSEK AJA PAK KALO NOLAK WAHYU BIAR FAIR.

6:58 PM  
Blogger a little kundum said.. :

to : selaras comments

Nah ini cocok untuk kategori orang ketiga,yaitu ngawurr pol.. hahaha ...:D

- rf -

7:11 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

bagiku, nasehat dari siapapun yg membolehkan poligami adalah tidak bermutu.

menurutku, POLIGAMI ITU BIADAB.

8:00 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

bener banget...pake nurani.... bukan syahwat....

11:53 PM  
Blogger massanthomm said.. :

Kalau saya akan menasihatkan kepada istrinya supaya mengaji al-Quran dan Sunah Nabi secara serius, kemudian suruh menjawab, "Sebaik-baik teladan adalah Rasulullah saw. Beliau menikah lagi setelah Ibu Khadijah wafat, kemudian menikah lagi setelah umur 60-an. Jadi, silakan menikah lagi kapan saja setelah istri pertama meninggal."

7:58 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

setuju

2:05 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

@massanthomm setuju....!!!!

2:05 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

keren...kerennnn......coz di sebarkan pak.........supaya paa tahuuuuuu...apa artinya poligamiiii

2:44 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

begini..
yang didahulukan kan jelas yang wajib daripada yang sunnah..betul kan?
Yang wajib adalah mengemban amanah atas keluarga dan istri yang telah dinikahinya..kalau dengan poligami itu menelantarkan istri dan keluarganya ya berarti dia telah meninggalkan yang wajib toh?
Makanya poligami itu sesuai kondisi masing-masing orang, ga bisa dibilang salah juga.
Karena ada juga yang dengan poligami kehidupan rumah tangganya adem ayem tentrem .. ya seperti rasul dan para sahabatnya.
Kalo sekarang?
Wah..di era gosip kayak gini, perlu diliat deh maslahat dan mudharatnya..betul?

1:12 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

coba juga tanyakan? kalau suami boleh poligami, tentu istri juga boleh poliandri...harus adil donk!

1:49 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

saya setuju poligami, tapi harus memenuhi syarat seperti Rasul, poligami adalah sesuatu yang pribadi sehingga bagi orang tertentu bisa mendatangkan kebaikan namun bagi sebagian yang lain tidak. Energi kita sebaiknya dicurahkan untuk sesuatu yang mendatangkan manfaat bagi semuanya misal pengetasan kemiskinan

5:38 PM  
Blogger ec.gumay said.. :

poligamy itu akal2an bagi sang kiyai agar bisa mengawini santrinya yg bahenol.......dan poligamy itu sama dengan binatang cuma mengatas namakan agama....dan dalilnya dicari2 utk mengesahkan agar kiyai itu bisa mengawini santrinya...jadi tidak berlaku bagi kita2 ytg bukan kiyai.....poligamy itu hanya napsu sahwat....sunah rasul sudah jelas....kawin lagi boleh tapi bukan dg jalan....napsu.....nah dizaman yg serba edan ini apa kah masih ada manuasi yg setara dan se banding dengan nabi??????
kalau aa.gym janagn diikuti...dia kan gendeng..buktinya sehabis di menikahi si bahenol itu dia langsung kelam dan bangkrut...karena tuhan ( Allah ) murka.dia sudah kebelet mau menidurin cewek akhir bikin2 dalih sunnah rasul....ingat tuhan tidak tidurrr....oi....

5:02 AM  
Blogger ec.gumay said.. :

saya tidak sependapat dengan poligamy....poligamy itu napsu binatang yg ga pernah merasa puas dengan yg ada....dan dg alasan agama mereka menghalalkanya...agar bisa bermesumesuman.....itu akal2an pak kiyai aja agar bisa mengawini santrinya yg muda dan bahenol2....sambil diajari ngaji dan agama lalu di doktrin ....bahwa sunnah rasul itu wajib dijalan kan.
padahal sunnah rasul itu banyak bukan cm ngurusin poligamy....imbauan saya pak kiyai tuh harus introspeksi diri agar jangan asal mengeluarkan fatwa dan maklumat...nanti kacau dunia ini....gara2 pak kiyainya mau kawin lagi dicari2 tuh alasan agar dapat pengesahan....apapun bentuk dan alasanya....POLIGAMY SAMA DENGAN BINATANG.....HANAY NAPSU BEJAT...DAN SYAHWAT

5:09 AM  
Blogger ec.gumay said.. :

saya tidak sependapat dengan poligamy....poligamy itu napsu binatang yg ga pernah merasa puas dengan yg ada....dan dg alasan agama mereka menghalalkanya...agar bisa bermesumesuman.....itu akal2an pak kiyai aja agar bisa mengawini santrinya yg muda dan bahenol2....sambil diajari ngaji dan agama lalu di doktrin ....bahwa sunnah rasul itu wajib dijalan kan.
padahal sunnah rasul itu banyak bukan cm ngurusin poligamy....imbauan saya pak kiyai tuh harus introspeksi diri agar jangan asal mengeluarkan fatwa dan maklumat...nanti kacau dunia ini....gara2 pak kiyainya mau kawin lagi dicari2 tuh alasan agar dapat pengesahan....apapun bentuk dan alasanya....POLIGAMY SAMA DENGAN BINATANG.....HANAY NAPSU BEJAT...DAN SYAHWAT

5:09 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

Hanya wanita-wanita terpilih saja yang siap dipoligami...

10:21 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

kenapa sih orang yang mengaku lebih berilmu agama senang mengatasnamakan agama untuk keinginan syahwatnya, menurut saya orang yang ilmu agama diatas rata2 seharusnya lebih menahan syahwat, bukan lihat yg bahenol langsung embat dan alih2 menyebutkan dalil2 agama untuk mensyahkannya

1:50 AM  
Blogger Yusuf Wibowo said.. :

mau nikah dua saja kok repot.

4:33 AM  
Anonymous Wafa said.. :

Pak de mubarok.sy wafa putranipun pak nadjib. Saya stuju dgn poligami.krena sudah jelas dalam al.quran. Jd bgi para istri d dunia. .berdoalah: 'bahwa saya tak mengingkari ptunjuk-Mu dgn menafikan poligami. Saya ikhlas dgn poligami.tp smoga bkan untk suami saya'. . .hehe

9:33 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ah itu sih jawabannya ngawur. masa orang yg boleh poligami hanya 3 golongan saja. poligami justru menjadi jawaban atas perilaku seks menyimpang, jumlah wanita dan pria yg tidak sebanding, banyaknya wanita di usia senja blum menikah, dst.
orang yang berniat poligami tidak boleh dihalang-halangi. justru mereka lah orang-orang yang memecahkan permasalahan yang ada.

7:41 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

tidak adil bagi wanita.
itu akal2an bangsa arab yang memang nafsunya gede!!!!

8:16 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

poligami masih jauh lebih baik daripada orang yang suka jajan di luar.
Coba anda tanya pada PSK-PSK itu, ke depan siapa yang bertanggung jawab terhadap mereka...? Jgn di sikapui dengan emosi, tp cari penyelesaiannya

9:10 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

Sy setuju dengan 3 golongan yg boleh poligami tadi..

7:48 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

3 golongan yg boleh poligami itu dalilnya mana?

8:09 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

apa alasannya sehingga polygami merupakan ibadah???
ini hanya alasan dalam kepuasan nafsu batin aja,dri pada berjinah.Ini jangan dikatakan ibadah.
rusak agama itu

8:46 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

itu kan akal akalan pak kiai yang terbiasa dengan punya istri banyak

7:47 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

Pak Kiai..... Pak Kiai ....
Itulah Yang terjadi pada masyarakat kita..... Apakah sebegitu mampukah ??? Pernahkah Penelusuran thd istri ke dua sampai ke empat ??? Kalo dikatakan bisa melakukan adil thd semua istrinya ... itu hanya omong kosong .....
Dlam suatu wawancara thd istri ke tiga : tdk pernah diberi nafkah batin 1 bulan atao sebulan sekali, padahal dia ingin, dan ketika dicerai oleh kiai, dan kawin lagi dengan orang biasa .... tyt lebih bahagia .......

7:57 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

Apa ini yang kalian inginkan, menentang hukum2 Allah, sekalipun syarat poligami sangat berat, tapi tidak serta merta meniadakan/mereduksi hukum Allah tentang Poligami, kalian para pemikir islam,mestinya bangga dengan solusi yg ditawarakan alQuran...kenapa kalian diam dengan mereka yg berzina,apa kalian anggap nggak berdosa juga???

7:04 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

nasehat pak kiyai yang sangat bijaksana, untungnya sang suami seorang yang terpelajar jadi dia cukup dewasa dalam menilai diri sendiri. coba liat di luar sana, banyak laki-laki bodoh, sok agamis yang maunya punya istri 2,3 dan seterusnya tanpa mikirin tanggung jawabnya kepada istri ke 2,3 dan seterusnya, belum lagi kalo istri-istri itu punya anak, wong buat makan sendiri aja paspas an, apalagi makan istri 1 dan anak anak dari istri 1, ditambah lagi buat makan istri istri yang lain, trus kalau gak sanggup ngasih makan,anak di jual, atau dibunuh,lebih parah lagi pemerintah yang disuruh tanggung jawab, dasar ngawur, edan, sontoloyo, perlu lebih banyak lagi kiyai kiyai yang bijaksana yang dapat memberikan nasehat kepada umatnya, jangan seenaknya bawa-bawa agama tapi maksudnya mau syahwat doang.

2:55 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

kalau untuk indonesia sekarang jangan dulu deh poligami,entar tambah padat penduduknya,yang ada aja masih dibawah standar kehidupan yang layak

4:22 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

kalau untuk indonesia jangan di anjurkan poligami,yang udah ada masih keteteran untuk hidup layak

4:24 AM  
Blogger Pinang Awan said.. :

saudara2 skalian hanya orang2 yag berfikir dan mengertilah yang dapat memahami makna dan tujuan tulisan diatas,

10:57 PM  
Blogger Kuniran said.. :

Kalau kita mengaku sebagai Umat ISlam, kita harus percaya atas semua isi-isi yang terkandung dalam Alqur'an, karena Alqur'an adalah pandangan dan tututunan Hidup bagi kita yang beragama Islam, jadi kenapa harus diributkan masalah Poligami?... toh tidak ada larangan dalam Alqur'an? bila ada beda pendapat dalam penafsiran, itu wajar, tapi kalu sampai ada orang yang mempermasalahkan maslah Poligami, yang nyata-nyata tidak dilarang oleh Agama Islam, itu keterlaluan kalau mengaku Agamanya Islam

7:05 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

setuju...banyak orang poligamy dengan pertimbangan ngawur

7:22 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

Kalau punya putri kandung, sebaiknya tidak nikah dengan yg agamanya memberikan peluang untuk poligami.
Kasihan anaknya?

12:40 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ah ngawur tuuh ilustrasinya ....

7:20 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

Poligami sangat erat hubungannya dengan sikap adil, adil menurut siapa? menurut Allah atau manusianya, walupun ada tuntunan untuk mengetahui mana adil atau tidak, namun untuk menguji suatu hal adil atau tidak adalah haknya pembuat hukum keadilan itu sendiri yaitu Allah, dapatkah sesorang mengklaim dirinya adil? orang yang berpoligami adalah mereka yang mengklaim dirinya berlaku adil, namun sayang sekali tidak ada manusia yang mampu memahami dan melakukakn keadilan itu dengan benar, jadi? kalau belum mampu memahami keadilan apalagi mampu melakuakan keadilan itu sendiri maka janganlah berpoligami, karena saatnya tiba anda akan diperhadapkan pada pertanggungjawaban bahwa anda merasa adil di hadapan Allah...coba renungkan...mampukah saya berlaku adil? kepada istri yang ada? apalagi kepada yang kedua ketiga dstnya? bicaralah, dan renungkanlah dengan nuranimu, biarkan hatimu bersih, maka kepekaan nuranimu tentang keadilan itu terasah..syukurilah atas istri yang Allah SAW berikan maka anda akan mampu melakukan banyak hal yang wajib, karena banyak hal yang wajib belum mampu dilakuakan, penuhilah dulu semua yang wajib baru lakukan yang sunnah, dengan demikian anda tidak akan pernah berpikir untuk poligami karena anda tidak akan mampu melakukan semua yang wajib dengan benar...

5:16 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

enak juga yah jadi orang kaya (penguasa), biasa kawinin cewe seenak udelnya dengan dalil agama (poligami) hahahaha... sesat nih kayanya... :)

1:05 AM  
Blogger roni said.. :

syarat poligami cuman dua tapi suulittt:
Syarat utama adalah kemampuan untuk memberi nafkah yang cukup. Bila dengan menikah lagi, nafkah anak dan isterinya menjadi terlantar, maka kawin lagi merupakan dosa besar baginya. Karena menelantarkan nafkah kepada orang yang wajib dinafkahi.

Syarat kedua, bila seandainya suami punya kemampuan dari segi harta, maka kepada dirinya dituntun sikap adil kepada isteri-isterinya itu. Bila tidak mampu berbuat adil, maka perintah Allah SWT adalah menikah cukup dengan satu wanita saja.

Sebenarnya, cukup dua syarat ini saja, akan membuat seorang suami berpikir seratus kali, sebelum berani memikirkan untuk berpoligami. Meski hanya dua syaratnya, namun tidak semua laki-laki memilikinya.

9:01 PM  
Blogger roni said.. :

Syarat Poligami cuman dua TAPI SUUULITTT :

Syarat utama adalah kemampuan untuk memberi nafkah yang cukup. Bila dengan menikah lagi, nafkah anak dan isterinya menjadi terlantar, maka kawin lagi merupakan dosa besar baginya. Karena menelantarkan nafkah kepada orang yang wajib dinafkahi.

Syarat kedua, bila seandainya suami punya kemampuan dari segi harta, maka kepada dirinya dituntun sikap adil kepada isteri-isterinya itu. Bila tidak mampu berbuat adil, maka perintah Allah SWT adalah menikah cukup dengan satu wanita saja.

Sebenarnya, cukup dua syarat ini saja, akan membuat seorang suami berpikir seratus kali, sebelum berani memikirkan untuk berpoligami. Meski hanya dua syaratnya, namun tidak semua laki-laki memilikinya.

9:01 PM  
Blogger roni said.. :

Dan yang terpenting, sekuat apa pun seorang isteri ingin memiliki suaminya seutuhnya, tidak akan pernah bisa. Sebab suatu hari pasti akan terjadi perpisahan juga. Kalau bukan isteri yang meninggalkan, maka suami yang akan meninggalkan. Misalnya karena kematian. Sesuatu yang pasti terjadi hanya dalam hitungan tahun ke depan.

Kalau hal ini direnungkan, yakni semua yang kita anggap milik kita ini sebenarnya hanya sementara saja, maka mungkin kita akan punya sedikit mental yang agak tegar.

Secinta apa pun seorang suami kepada isterinya, pastilah tidak akan diajaknya masuk ke kuburan. Demikian juga sebaliknya tentunya.

Wallahu a'lam bishshawab, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

9:02 PM  
Blogger Putra Teknik AC said.. :

...lbih cespleng lagi kalo Prof.Mubarok keluar dari parpol..
biar ceramah agamanya lbih bersih berkilau...gitu pak kyai..

3:37 AM  
Blogger armando said.. :

Laki2 yang ingin menikah lagi (poligami) maka dia harus mempunyai syarat yaitu sudah mempunyai sertifikat masuk surga untuk dirinya dan untuk istrinya.

wassalam

4:53 AM  
Blogger Abdul said.. :

Saya memahami poligami lebih sebagai solusi ketimbang sebuah pilihan bebas. Mari perdalam pemahaman kita terhadap konstruksi ayat dalam surat An-Nisa' tentang dibolehkan dan dilarangya poligami dalam Islam. Semoga dapat petunjuk kearah kebenaran.

3:00 AM  
Blogger anita said.. :

kebanyakan yang poligami adalah yang mementingkan syahwatnya.jadi yang beralasan poligami adalah sunah rosul hanyalah orang yang mencari-cari alasan saja.

5:19 PM  
Blogger yos said.. :

ha ha.. dasar laki2, banyak akal bulusnya. pake alasan agama...STOP POLYGAMI.... YANG BOLEH HANYA NABI

5:36 PM  
Blogger roni said.. :

Khusus kaum Muslim (bukan tuk kafir):
-yang mengingkari Al-Quran = Kufur (meskipun satu ayat, pdhal poligami ada dlm surat An Nisaa' ayat 4,128-129,surat Al Ahzab:51 dll)

“Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang lalim.” (QS Al ‘Ankabuut 29: 49)

Adalah Kafir mengingkari atau menolak Al-Quran, baik sebagiannya apalagi keseluruhannya!

Seorang yang mengaku muslim harus beriman terhadap keseluruhan Al-Quran!

12:25 AM  
Blogger zage76 said.. :

saya termasuk orang yang awam, tapi saya belajar untuk berpikir positif terhadap ajaran yang ada dalam alqur'an dan sunnah nabi, bicara polygami, memang ada dalam al-qur'an beserta syarat-syaratnya, untuk mendalami sebagai kajian perlu orang yg ahli tafsir alqur'an dan hadits shahih,sampai titik ini, saya positif tihinking polygami itu boleh tinggal implementasi dilapangan, kalau saya lihat orang yg polygami karena suatu keadaan biasanya semua jadi baik, tapi jika karena "niat" polygami umumnya tidak berakhir baik. jadi serahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT. dan jika kita diberi Amanah-NYA kita harus siap menerimanya.

10:14 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ijin Copast Pak

6:28 PM  
Anonymous hazzir said.. :

hehehe, commentnya malah kelihatan kaya debat aja...
Saya cuma mau bilang, kalo mau debat, berargumenlah dengan yg lebih baik...

9:20 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

Wuih, commentnya serem2. Cara menasehati seseorang itu berbeda2 tergantung orang yang dihadapi (sifatnya, tingkat ilmunya, dll). Kyai itu tahu bahwa si suami bukan penguasa dan bukan ulama, serta tidak mau jadi orang ngawur. Maka itu jawaban efektif untuk dia sehingga akhirnya tidak berpoligami. Istrinya juga jadi belajar untuk tidak mengingkari apa yang memang tertulis dalam Al-Quran (nggak seperti kebanyakan comment di sini, hati2, gak setuju poligami untuk diri sendiri boleh, tapi jangan sampai mengingkari bahwa poligami jelas2 diperbolahkan dalam Qur'an).

Jadi dalam cerita itu, setelah melihat sikon pasangan itu, si Kyai berhasil memberi jawaban yang tepat untuk mereka. Rasulullah SAW pun telah beberapa kali memberi contoh memberi penyelesaian dan cara menjawab berbeda saat ada orang berbeda yang mengalami masalah mirip. Soal hujjah, bukannya di cerita itu ditulis tiga orang itu yang "bisa" atau mungkin menjalankan poligami, bukan soal "boleh" atau soal sahnya berpoligami? Be wise, people.

4:29 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

bila nafsu terkendalikan, tidak akan ada cerita poligami.
Orang mensahkan poligami karena orang tsb tidak mampu mengendalikan nafsu.

Pemimpin2 yg pernah saya temui, yg berlatih mengendalikan pikiran dengan benar, tidak pernah melakukan poligami, bahkan terbersit di pikiran pun tidak.

7:10 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

saya punya sopir istrinya ada 4 tuh,.........hehehe mantap bener...

2:47 AM  
Blogger The Summer (Deny the Sams) said.. :

Penjelasannya baik dan to the point, namun cerita diatas tidak serta merta bisa menjadi rujukan yang fundamental, karena ada contoh yang dilematis seperti ini:
Si laki-laki yang sudah mempunyai istri, lalu dia kenal dengan rekan kerja (wanita/lawan jenis) yang notabene adalah partner dia dalam bekerja (statusnya Janda), dan mereka intensif sekali pertemuanya, selain satu kantor dan satu ruangan, bahkan untuk tugas keluar kota mereka kerap ditugaskan bersama dan untuk menghindari fitnah dan zinah, si laki2x berniat untuk memperistri si Janda tersebut (Poligami), dalam hal ini apakah dia bisa serta merta kita Judge sebagai orang yang "MBLESONDO" ?
Intinya apakah orang yang mempunyai hasrat naluriah tinggi dan realita yang mempunyai ruang untuk syaitan menggoda dan menjerumuskan, apakah tidak boleh menjadikan kedua hal diatas untuk diarahkan ke hal yang lebih mulia, yaitu memperistri wanita diatas (Partner+Janda) untuk diperistri?? (Terlebih status istri ke-2 tidak lebih beresiko dan kurang baik jika dibandingkan dengan status Janda yang mungkin saja digunjingkan,dicemooh, dll. Saya tidak mau dibilang membenarkan masalah dengan masalah, namun bukan sesuatu hal yang tidak mungkin hal diatas terjadi.
Apakah laki-laki yang berniat poligami dalam hal ini tidak diijinkan?
Karena Berzinah itu tidak hanya sebatas kontak fisik, sebab mata dan hati kita pun bisa melakukan zinah, apa tidak sebaiknya diberikan jalan untuk halal dan selamat dunia akhirat saja (Poligami)!?

Dalam hal ini sayapun masih tanda tanya, dan memang kisah moderator belum memberikan jawaban yang sesuai dengan problema yang saya angkat diatas..Saya ucapkan terima kasih kalau moderator berkenan menjawab permasalahansaya.

Wassalam!

10:55 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

hahahahaha...saya suka...saya suka...tentunya laki2x nomer 3 untuk semua lk2x yg melakukan poligami sekarang ini...

6:42 AM  
Blogger Kang said.. :

Saya bukan penganut faham poligami namun setelah menyimak penjelasan singkat nan menarik di atas lantas timbul pertanyaan dalam benak saya; Atas dasar apak pak kyai dlm kisah di atas menggolongkan 3 orang yang 'dihalalkan' untuk berpoligami?
Apa ada dalam Al-Qur'an, Hadits, atau memang hanya cara dan gaya eksentrik kyai dalam memberi nasehat?
Mohon pencerahan.

10:45 PM  
Anonymous nuraeni said.. :

kenapa sich
bukan kah poligami itu dilarang oleh agama tapi yang jadi ustadz ajach melakukan itu...???

6:47 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax no prescription overdose of xanax - saliva drug test detection times xanax

2:00 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap xanax no prescription xanax on drug screen test - pristiq xanax drug interactions

4:06 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy diazepam cheap diazepam 10mg tablets sale - diazepam 10 mg efectos colaterales

5:00 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam generic buy diazepam 5mg tablets - molecular mass diazepam valium

7:04 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

phentermine 37.5 buy phentermine tijuana - buy phentermine online in canada

8:02 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

pharmacokinetics of diazepam diazepam 10 mg buy - buy diazepam no prescription usa

9:13 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap phentermine order phentermine by phone - phentermine 37.5 mg mut

10:13 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

zolpidem no prescription buy ambien in the us - happens u overdose ambien

11:45 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

phentermine online buy phentermine online paypal - phentermine online prescription

12:24 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien on line ambien side effects night sweats - ambien cr prices walgreens

2:22 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

order xanax generic equivalent for xanax - buy brand xanax europe

4:31 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

where to buy ambien online buy generic ambien no prescription - ambien side effects depression

5:07 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax bars online no prescription long do xanax show up drug test - xanax controlled substance

6:36 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

alprazolam medication price for xanax 2mg - can buy xanax online yahoo

8:40 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

lethal dose of diazepam diazepam side effects in humans - diazepam ga side effects

9:38 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy phentermine how to order phentermine on line - phentermine zoloft together

11:18 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax online xanax high liver enzymes - drug interactions xanax diflucan

11:23 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax depression xanax and alcohol vomiting - order xanax online without rx

12:18 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam without a prescription buy diazepam online from u.k - diazepam regime alcohol withdrawal

12:54 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buying ambien online ambien sleep diary - ambien cr 6.25 generic

1:00 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy phentermine buy phentermine for cheap - buy phentermine singapore

1:21 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax online legally generic xanax g3719 - buy xanax online with paypal

2:19 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam cheap diazepam recreational use dosage - diazepam pictures

3:02 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

phentermine without prescription phentermine online without doctor prescription - phentermine online kaufen

3:34 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy phentermine phentermine online without doctor prescription - order phentermine phone

5:42 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien for sale online canada pharmacy online ambien - generic equivalent for ambien cr

6:19 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy valium diazepam diazepam insomnia dosage - valium diazepam half life

7:01 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien for sale ambien cost costco - ambien liver

9:06 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

alprazolam will a .25 xanax show up in a drug test - does xanax show up on a five panel drug test

10:18 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap ambien ambien drug test military - zolpidem 10 mg erowid

11:57 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap xanax online buy alprazolam .25 - xanax generic cheap

12:27 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy diazepam online does 10 mg diazepam look like - can you buy valium online no prescription

1:25 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

can you really buy xanax online xanax overdose for dogs - how much does generic xanax cost without insurance

2:26 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax online overnight delivery order xanax legally - drug interactions xanax zolpidem

2:37 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam dosage for dogs diazepam 5 mg watson - buy diazepam 5mg usa

3:32 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

online xanax no prescription buy alprazolam online overnight - buy real alprazolam

4:50 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

phentermine sale buy phentermine 37.5 mg tablets - can u buy phentermine online

5:11 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy cheap diazepam diazepam youtube - diazepam 10 mg tablet

5:39 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

phentermine pills phentermine side effects hair loss - buy phentermine online without rx

7:30 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy valium diazepam diazepam for dogs fireworks - diazepam withdrawal timeline

7:53 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap phentermine online phentermine hcl buy online - phentermine buy online australia

9:52 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien cost ambien cr reviews - ambien cr joint pain

11:27 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien no rx buy ambien cr in canada - ambien cr erowid

2:18 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax online legally buy valium xanax online - upjohn xanax 2mg

2:41 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

tramadol online tramadol 50mg good pain - tramadol zolpidem interaction

4:08 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy cheap xanax how many 2mg xanax to overdose - xanax 2mg price

4:57 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

carisoprodol 350 mg buy genotropin (somatropin) - soma side effects stomach

6:15 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax online no rx xanax vodka overdose - alprazolam 0.5mg high

7:02 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam online buy diazepam for dogs - diazepam side effects long term

7:26 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy soma online buy soma/ watson brand com - soma muscle relaxer and ibuprofen

8:27 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online cod tramadol hcl 50mg for dogs - order tramadol pay cod

8:50 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax overnight delivery generic xanax vs brand xanax - buy xanax xr

9:13 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

generic diazepam online diazepam dosage canine - diazepam withdrawal back pain

9:43 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

what does diazepam look like diazepam 10mg legrand ms - cheap diazepam thailand

12:00 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax cheap does walmart drug test xanax - xanax drug test single use

8:13 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

can you buy xanax online legally pre employment drug testing xanax - xanax withdrawal dreams

11:06 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

tramadol online cod buy tramadol cod next day delivery - order tramadol echeck

12:01 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam dosage what does valium do to you - diazepam and high blood pressure

12:31 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy cheap tramadol трамадол что это - buy tramadol online with mastercard

1:03 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien without prescriptions ambien user reviews - ambien cr 4 day trial

1:13 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax without prescriptions generic xanax s 900 - order xanax online australia

1:59 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy generic tramadol online buy tramadol safely - tramadol generic names

2:10 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

soma online soma drug contraindications - buy soma now

2:31 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

generic diazepam online where to buy valium online no prescription - the drug diazepam falls into a class of drugs called

2:57 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy ambien online overnight delivery ambien drug test blood - ambien cr generic release date

3:35 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol cod tramadol online australia - buy tramadol overnight delivery

4:25 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy soma online what is the drug classification for soma - online radio stations soma

4:45 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy diazepam online 10 mg diazepam for dogs - daz diazepam buy

5:14 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax online xanax high review - xanax potentiators

5:37 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien zolpidem ambien side effects sweating - ambien vs.lorazepam for sleep

5:48 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol medication buy tramadol medication - tramadol hcl 93

6:35 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

soma online carisoprodol injection - generic somatropin price

6:56 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy generic ambien can you buy ambien costa rica - ambien high cholesterol

8:04 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online reviews how do i buy tramadol online yahoo - buy tramadol overnight saturday delivery

8:16 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol best buy tramadol - cheap tramadol

8:54 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol buy tramadol from us - buy tramadol online cod

10:46 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy generic xanax online ritalin and xanax drug interactions - order xanax valium online

12:54 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol overnight tramadol hcl opiate - buy tramadol for dogs online

1:20 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax valium online florida can xanax withdrawal last year - can u legally buy xanax online

3:02 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

tramadol online tramadol vs hydrocodone - buy tramadol no prescription cod

3:54 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

tramadol no prescription tramadol codeine high - tramadol

4:08 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

diazepam without prescription diazepam withdrawal muscle pain - diazepam 5mg tablets used

4:11 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax antidepressant buy yellow xanax bars - order xanax online cheap

5:11 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol overnight delivery tramadol make you high - best dosage tramadol

6:11 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy diazepam online cheap generic diazepam - diazepam 5mg what is it used for

6:12 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

online ambien buy generic ambien online no prescription - sleepwalking on ambien stories

6:48 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

online xanax no prescription drug abuse of xanax - xanax bars 11

7:17 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol without a script buying tramadol with mastercard - order tramadol mastercard

7:21 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

soma online buy soma intimates - what is soma drug classification

7:39 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online tramadol dosage in humans - tramadol reactions

8:14 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy diazepam what does diazepam 5mg look like - diazepam how does it work

8:16 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien for sale ambien for chronic insomnia - buy ambien no prescription

8:55 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

where to buy tramadol online buy tramadol london - what is a normal dosage of tramadol for dogs

9:29 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy soma buy soma bike - buy soma online uk

9:43 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

sniffing diazepam lethal dose of valium for dogs - effects of diazepam (valium)

10:39 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheapest ambien ambien cr voucher - buy ambien europe

10:59 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

generic xanax xanax generic substitute - xanax xr brand vs generic

11:50 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

carisoprodol drug pictures of generic soma - carisoprodol side effects withdrawal

11:52 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol next day what is tramadol 50mg for - tramadol apap

12:46 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

zolpidem online ambien walrus stories - cheap ambien online no prescription

1:05 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

carisoprodol 350 mg buy real soma online - medicine soma side effects

1:56 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax online price of xanax 1mg - much do xanax pills cost

2:22 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol free shipping buy tramadol 200 - tramadol what is it

2:47 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax buy online no prescription zoloft xanax and alcohol - order xanax mail

5:05 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy cheap tramadol buy tramadol online no prescription overnight - where to buy ultram online

5:15 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax overnight delivery xanax dosage intervals - xanax 0.5mg side effects

5:50 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy discount tramadol buy tramadol online reviews - buy tramadol visa

7:51 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap tramadol buy tramadol for dogs online - tramadol online us pharmacy

8:01 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

cheap xanax online maximum xanax dosage per day - xanax dosage not working

9:00 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy valium diazepam diazepam date drug - diazepam dosage as muscle relaxant

9:03 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

order tramadol online good place buy tramadol online - tramadol dosage cats

10:04 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien online pharmacy ambien high cholesterol - ambien side effects alcohol

11:02 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy cheap diazepam online pharmacy for diazepam - diazepam 5mg vertigo

11:04 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

generic carisoprodol carisoprodol legal status - buy soma online

11:51 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online tramadol 319 dose - buy tramadol no prescription cheap

12:06 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax sale do xanax pills expire - xanax xr 1mg tablets

12:13 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

best buy tramadol tramadol high 50 mg - tramadol hcl recall

12:45 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ambien without prescription ambien cr 240 coupon - what is generic ambien

1:03 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy diazepam online no prescription buy diazepam portugal - diazepam side effects cats

1:08 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

soma drug buy soma online without rx - medication called soma

1:55 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol for dogs buy tramadol without prescriptions - tramadol hcl mg tablet

2:07 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online without a prescription tramadol 083 kali - how to buy ultram tramadol online

2:49 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

ordering ambien online ambien side effects heart rate - ambien usual dose

3:10 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

order diazepam diazepam withdrawal time - diazepam normal dosage

3:14 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

soma online buy soma saga - generic soma pill identifier

4:00 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

alprazolam price buy alprazolam 0.5mg online - xanax to get high

4:08 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online no prescription cheap generic tramadol online no prescription - tramadol dosage 37.5

4:55 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

order ambien without prescriptions ambien overdose emed - ambien walmart pharmacy

5:14 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

soma online pharmacy carisoprodol 350mg - soma 350 mg drug interactions

6:00 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax online no prescription overnight drug interactions with xanax xr - xanax withdrawal symptoms cold turkey

6:16 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol overnight delivery buy tramadol hydrochloride online - buy tramadol online no prescription needed

6:58 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol tramadol hcl is it a narcotic - cheap tramadol online no prescription

8:24 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy alprazolam online without prescription blue xanax bars 2mg - xanax generic vs

8:26 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy xanax 2mg xanax side effects zoloft - xanax online cheap no prescription

10:17 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol online tramadol online next day - buy tramadol online cod overnight

11:20 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

order tramadol online tramadol hcl indications - buy tramadol online australia

1:08 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

xanax online what is the generic name of xanax - drug interactions xanax and percocet

1:23 PM  
Anonymous Anonymous said.. :

buy tramadol mastercard tramadol hcl 50 mg high - tramadol pain killer dosage

3:08 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger