Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, April 18, 2007

Perilaku Manusia (5)
at 9:10 PM 
Mengubah Perilaku Manusia

Menurut Al Qur'an, tingkah laku manusia memiliki karakteristikkarakteristik sebagai berikut: (1) Terkendali, (2) mengandung unsur tanggungjawab, (3) bersifat lahir dan batin (4) berkategori tingkahlaku individual dan tingkahlaku kelompok.

Tmgkahlaku manusia di satu sisi tunduk kepada motivasi, orientasi dan kecenderungan yang dimilikinya, di sisi lain ia berhubungan dengan faktor intelektual, logika, moralitas dan kemerdekaannya. Jika seseorang telah mengambil keputusan untuk menggapai sesuatu, maka ia akan memusatkan perhatian dan pekerjaannya pada pencapaian hal yang diinginkan itu. Dalam perspektip ini maka tingkahlaku manusia bisa diubah.

Al Qur'an mengisyaratkan bahwa tingkahlaku manusia bisa dibangun, diluruskan dan diubah. Perubahan itu bisa datang dari diri sendiri atau terbentuk karena pengaruh yang datang dari luar. Dalam hal ini Al-Qur'an memberikan contoh tentang terbukanya pintu taubat bagi orang yang menyesali kekeliruannya dan peluang bagi orang jahat untuk kembali ke haribaan rahmat Tuhan. Seseorang jika bertaubat, maka pertama ia menyesali perbuatan masa lalunya yang keliru, dan ia bertekad untuk tidak kembali pada perbuatan dosanya itu. Bersamaan dengan itu ia berusaha melakukan perbuatan yang positif sebagai perwujudan dari keinginannya memperbaiki diri, maka, kata Al Qur'an, pintu taubat terbuka baginya, dan bagi setiap orang yang ingin mengubah tingkah lakunya.

Tekad untuk memperbaiki diri bisa datang karena keinginannya yang kuat, bisa juga karena pengaruh positip yang datang dari luar, dari ajakan orang atau dari pengaruh lingkungan sosial yang kondusip, tetapi keputusan akhir untuk mengubah tingkahlaku tetap pada orang itu sendiri. Sebagaimana disebut dalam surat ar Ra'd/13: 11 Allah tidak mengubah suatu kaum sampai kaum itu sendiri mengubah apa yang ada dalam jiwanya. Pekerjaan mengubah tingkahlaku manusia adalah pekerjaan mengubah cara berfikir, mengubah mental dan mengubah karakter.

Cara berfikir, perilaku, mental dan karakter manusia memang bisa diubah, tetapi proses perubahan itu tidaklah sederhana karena menyangkut aspek nafs manusia. Menurut teori psikologi ada dua pendekatan yang dapat dilakukan untuk mengubah tingkahlaku manusia, yaitu hukuman dan ganjaran.9 Manusia yang bertingkahlaku buruk dihukum setiap kali melakukan kejahatan dengan asumsi bahwa ia akan merasa jera dan kemudian takut melakukan kejahatan karena takut mendapat hukuman. Orang lain yang melihat ada orang dihukumpun diharap untuk tidak mendekati perbuatan jahat karena takut dihukum. Teori kedua mengatakan bahwa untuk merangsang manusia melakukan kebaikan justeru dengan memberikan penghargaan kepada orang yang berprestasi, kepada orang yang terbaik. Penghargaan itu dimaksud untuk membuat orang lain berlomba-lomba mencapai tingkat terbaik. Dengan demikian maka pendidik, da'i atau pemerintah sibuk memikirkan apa yang akan diberikan kepada orang yang terbaik, bukan sibuk memikirkan bagaimana menghukum orang yang bersalah.
posted by : Mubarok institute

Anonymous Anonymous said.. :

We're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your website offered us with useful information to work on. You have performed an impressive activity and our entire community might be thankful to you.

Here is my webpage: Watch TV Series Online

5:30 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

I have read so many articles on the topic of the blogger lovers but this piece of writing
is genuinely a fastidious article, keep it up.

Here is my homepage - sharecash auto

12:01 PM  
Blogger Unknown said.. :

zhengjx20160701
toms wedges
tods sale
jordan retro 11
louis vuitton outlet
polo ralph lauren
gucci bags
coach factory outlet online
true religion outlet online
adidas uk
michael kors handbags
nike trainers women
kate spade handbags
concord 11
ghd flat iron
kate spade
coach outlet
louis vuitton outlet online
louis vuitton
vans outlet
louis vuitton purses
michael kors handbags
marc jacobs outlet
ladies cartier watches
michael kors purses
rolex watches
louis vuitton
cheap ray ban sunglasses
replica rolex watches
beats by dr dre
true religion jeans
jordan 3 powder blue
coach outlet clearance
louis vuitton outlet
nike air max
mont blanc pen
air jordan 4
michael kors outlet online
lebron 13
nike air max uk
giuseppe zanotti outlet

2:42 AM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger