Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, July 02, 2008

Membangun Kepercayaan
at 1:09 AM 
Kepercayaan (trust) akan terbangun jika komunikasi antara masyarakat terjalin secara baik, komunikasi antara Pemerintah dengan rakyat terbuka dan komu¬nikasi akan terbangun jika ada dialog. Dialog akan lancar jika ada kepercayaan satu sama lain. Untuk membangun suasana saling percaya maka harus dibangun infrastruktur sosialnya, antara lain:

1. Tidak adanya penindasan, atau masyarakat terbebas dari penindasan. Penindasan biasanya dilakukan oleh penguasa kepada rakyatnya, oleh pemilik modal besar kepada masyarakat yang tidak me¬miliki modal, oleh negara kuat kepada negara lemah, dan oleh orang pandai kepada orang bodoh. Selama ada yang merasa tertindas maka keper¬cayaan tidak bisa terbangun.

2. Tidak ada rasa takut, takut diculik, takut dihukum, takut dibunuh, hanya karena berbeda pendapat. Biasanya yang suka menteror dan menakut-nakuti orang lain adalah pihak yang merasa kuat, yang merasa besar, bisa penguasa, preman, pengusaha atau kelompok besar. Orang yang dilanda rasa takut tak mungkin percaya kepada pihak yang ditakuti.

3. Tidak ada diskriminasi, hanya karena berbeda etnik, partai, aspirasi atau agama. Semua orang harus memperoleh peluang yang sama sesuai dengan kapasitasnya. Dalam hal ini negara mempunyai peran yang sangat besar untuk menghilangkan diskriminasi atau untuk memantapkannya.

4. Adanya keterbukaan (tranparansi) dalam proses berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini masyarakat berhak mengetahui kegiatan Pemerintah, pe¬nganggaran, pelaksanaan hukum, termasuk mengetahui kesalahan pejabat negara. Transparansi akan mempersempit ruang penyelewengan dan kesalahpahaman.

5. Adanya kemitraan antara pemerintah dengan rakyatnya. Pemerintah tidak mengedepankan kekuasaanya, sebaliknya justru partisipasi masyarakat digalakkan dalam berbagai sektor kehidupan. Peluang yang terbuka untuk berperan serta membuat masyarakat merasa percaya kepada sistem.

6. Adanya kepedulian yang bersistem, peduli kepada kemanusiaan, kepada lingkungan, kepada norma etika, kepada masa depan. Infrastruktur sosial tersebut diatas biasanya tersedia pada masyarakat yang demokratis, atau pada apa yang disebut sebagai masyarakat madani atau civil society.
posted by : Mubarok institute

Anonymous Anonymous said.. :

If you want a Premium Minecraft Account check out this generator.

With it you can generate a unique Minecraft Premium Account which no one else has!
You can Download the Free Premium Minecraft Account Generator http:
//www.minecraftdownload2013.tk

Do you mind if I quote a few of your posts
as long as I provide credit and sources back to your website?
My blog site is in the exact same niche as yours and my visitors would definitely benefit from a lot of the information you present here.

Please let me know if this okay with you. Many thanks!

7:32 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

magnificent put up, very informative. I'm wondering why the other specialists of this sector don't realize this.
You should proceed your writing. I'm confident, you've a great readers' base already!

Also visit my web blog - car town hack ()

11:52 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

Please let me know if you're looking for a article author for your site. You have some really great posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd absolutely love to write some content for your blog in
exchange for a link back to mine. Please blast me an email if interested.
Kudos!

Here is my weblog; eve online plex

6:06 AM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger