Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, November 29, 2006

Sopan Santun Yang Terjaga
at 10:15 PM 
Manusia adalah makhluk yang memiliki kepekaan sosial, yang perilakunya disesuaikan dengan apa yang dipandang sebagai harapan orang lain. Perilaku seseorang di depan orang sakit pasti berbeda dengan ketika di depan orang sehat. Demikian juga ketika berada di depan orang tua, berbeda perilakunya dengan ketika berada di tengah teman sebaya.

Manusia mengenal apa yang dipandangnya sebagai kepantasan, sebagai kepatutan. Itulah yang disebut sebagai sopan santun, sebagai etiket. Sopan santun (adab) adalah akhlak yang bersifat lahir. Ada orang yang sangat sopan padahal hatinya jahat, disamping ada orang yang wajahnya garang tetapi hatinya lembut. Penipu biasanya membungkus aksinya dengan sopan santun. Meski begitu, secara umum, sopan santun merupakan cermin dari kehalusan budi pekerti . Orang bodoh yang sopan lebih disukai dibanding orang pandai yang tidak punya sopan santun. Sungguh beruntung orang yang masih bisa memelihara sopan santunya dalam pergaulan.

posted by : Mubarok institute

Anonymous Anonymous said.. :

I love what you guys are up too. This type of clever work and coverage!
Keep up the terrific works guys I've incorporated you guys to blogroll.

my web-site: Unlimited Car Town Blue Pointsdownload car town bot

2:39 AM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger