Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Thursday, July 19, 2007

Tentang Materi Dakwah
at 9:30 PM 
Jika yang dimaksud materi dakwah itu tentang apa, maka begitu luas materi dakwah karena ajaran Islam sangat luasnya. Tetapi jika yang dimaksud sumbernya itu apa maka materi dakwah tak lain adalah ajaran al Qur’an dan hadis. Ia bisa inaturanya (ayat-ayat dan matan hadis) bisa juga yang sudah diramu dalam bentuk ilmu yang sitematis, bisa juga dalam bentuk nasehat dan maqalah, bisa juga dalam bentuk kisah-kisah masyarakat yang diteropong dengan kacamata Qur’an hadis. Jika materi itu dimisalkan makanan, ada lapisan asyarakat yang tertarik dengan beras untuk dimasak sendiri, tetapi ada juga yang tidak mau repot-repot mengetahui bahannya apa, yang penting dalam sajian makanan yang menarik dan enak. Mereka tidak tertarik dengan teks Al Qur’an, tetapi sangat bergairah terhadap tamsil-tamsil dan maqolah yang indah.

Yang penting apa yang disampaikan kepada mad’u itu sesuai dengan cara berfikir dan cara merasa mereka, atau dengan kata lain dakwah secara persuasip, sehingga mad’u mengikuti kehendak da’I tetapi mereka merasa sedang mengikuti kehendak sendiri. Jika dakwah disampaikan ecara persuasip, maka pasti konunikatip. Jika komunikatip maka pasti lebih efektip.

Efektifitas dakwah dapat ditandai dengan lima hal sekurang-kurangnya :

1. Melahirkan pengertian mad’u tentang pesan apa yang disampaikan da’i

2. Menimbulkan kesenangan

3. Menimbulkan pengaruh pada sikap mad’u

4. Menimbulkan hubungan yang semakin baik antara da’I-mad’u

5. Menimbulkan tindakan.

Bahasa dakwah
Kata-kata jika disampaikan dengan isi, takaran, waktu dan orang yang tepat akan mempunyai kekuatan yang luarbiasa. Bahasa dapat disebut sebagai remote control yang dapat menyetel orang tertawa, menangis, sedih, marah, gembira , semangat, lunglai dan sebagainya. Dengan memperhatikan psikologi pesan, seorang da’I dengan kata-katanya dapat mengatur, menggerakkan dan mengendalikan perilaku masyarakat. Kekuatan bahasa (dalam dakwah) menurut psikologi kata-kata ,terletak pada jenis-jenis kekuatan seperti berikut :

1. Karena keindahan bahasa, seperti bait-bait puisi

2. karena jelasnya informasi

3. karena logikanya yang kuat

4. karena intonasi suara yang berwibawa

5. karena memberikan harapan/optimisme masa depan (basyiran)

6. karena memberikan peringatan yang mencekam (naziran)

7. karena ungkapan yang penuh ibarat.

Al Qur’an, menyebut beberapa istilah yang dapat disebut sebagai bahasa dakwah, yaitu : qaulan baligha, qaulan karima, qaulan maisura, qaulan layyina dan qaulan sadida, masing-masing mempunyai karakteristik sesuai dengan segmen mad’unya.

1. qaulan baligha ditujukan kepada segmen mad’u orang kafir dan munafiq. (annNisa 63). Menurut Asfihani, sautu kata-kata dianggap baligh manakala : (a) memiliki kebenaran dari segi bahasa, (b) memilikikesesuaian dengan apa yang dimaksud, dan © memiliki kebenaran secara substansial. Qaulan baligha bersifat keras dan tidak lemah lembut, sehingga membekas di hati yang keras.

2. qaulan layyina (Q:/20: 43-44) ditujukan kepada segmen mad’u sejenis penguasa tiran. Cirinya lembut dan tak mengusik perasaan yang dapat mengganggu komunikasi, seperti yang dilakukan Musa kepada Fir’aun.

3. Qaulan maisura (Q/17:28) ditujukan kepada segmen orang awam yang masih berkutat pada problem basic need, sembako. Cirinya, mudah ditangkap, ringan, pantas, tidak berliku-liku dan tidak bersayap, tidak perlu dalil naqli atau pasal-pasal UU.

4. qaulan karima (Q/17:23) ditujukan kepada segmen mad’u manula, pensiunan dan sebangsanya. Cirinya adalah mudah dan lembut (sahlan wa layyinan), tidak menggurui, tidak perlu retorika yang meledak-ledak.

5. qaulan sadida (Q/33: 69-71), ditujukan untuk semua lapisan mad’u. Cirinya : mengenai sasaran (yushib al qasd), materinya benar dari segi isi dan bahasa dan disampaikan dengan pijakan taqwa.
posted by : Mubarok institute

Anonymous Anonymous said.. :

warhammer gold warhammer money warhammer accounts tibia money tibia gold tibia item runescape accounts buy runescape accounts runescape money runescape gold runescape gp runescape power leveling runescape powerleveling cheap rs2 powerleveling runescape equipment buy rs equipment runescape runes cheap rs2 runes runescape logs cheap rs2 logs runescape items buy runescape items runescape quest point rs2 quest point cheap runescape questpoint runescape gold runescape items runescape power leveling runescape money runescape gold buy runescape gold buy runescape money runescape items runescape accounts runescape gp runescape accounts runescape money runescape power leveling runescape powerleveling tibia gold dofus kamas buy dofus kamas wow power leveling wow powerleveling runescape questpoint rs2 questpoint Warcraft PowerLeveling Warcraft Power Leveling World of Warcraft PowerLeveling World of Warcraft Power Leveling Hellgate money Hellgate gold buy runescape logs buy rs2 items cheap runescape items Hellgate London gold Guild Wars Gold buy Guild Wars Gold runescape items rs2 accounts cheap rs2 equipments lotro gold buy lotro gold buy runescape money buy runescape gold buy runescape runes lotro gold buy lotro gold runescape money runescape gold cheap rs2 powerleveling eve isk eve online isk buy runescape power leveling rs2 power leveling tibia gold tibia item runescape accounts Fiesta Silver Fiesta Gold Scions of Fate Gold Hellgate Palladium Hellgate London Palladium SOF Gold Age Of Conan Gold AOC Gold ArchLord gold tibia money tibia gold runescape accounts runescape gold cheap rs2 powerleveling buy ArchLord gold DDO Plat Dungeons and Dragons Online Plat

11:15 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger