Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, April 02, 2008

Bid`ah dan Budaya Islam
at 10:24 PM 
Dari segi bahasa, bid`ah artinya penciptaan, jika disebut bid`ah agama maka yang dimaksud adalah penciptaan hal-hal baru dalam agama. Hadis Nabi mengatakan bahwa semua bid`ah itu sesat, dan semua yang sesat akan masuk ke neraka (kullu bid`atin dholalah wa kullu dhalalah fin nar). Tetapi dalam hadis lain disebutkan bahwa barang siapa mempunyai kreatifitas yang baik, maka ia memperoleh pahala ganda, dari kreatifitasnya dan dari orang yang mengikuti kreatifitas itu (man sanna sunnatan hasanatan falahu ajruha wa ajru man `amila biha). Nabi dalam urusan tanam menanam juga pernah berkata bahwa ;dalam urusan ini engkau lebih tahu, (antum a`lamu bi umuri dunyakum).

Nah dari keterangan itu maka disimpulkan bahwa bid`ah yang dilarang adalah dalam hal agama, artinya mengada-ada apa yang semula tidak ada dalam hal agama. Lalu apa saja yang termasuk agama, dan dimana ruang kreatifitas itu. Nah disinilah terjadi pemilahan masalah;. Misalnya salat adalah wilayah agama yang tidak boleh diubah-ubah, dikurangi atau ditambah, tetapi gedung masjid, sajadah, kolam wudlu, menara, pakaian salat dan lain-lainnya adalah kebudayaan yang orang boleh berkreatifitas.

Adakah peringatan maulud Nabi itu wilayah agama atau kebudayaan ? sudah jelas peringatan maulud Nabi adalah kebudayaan Islam, yakni diciptakan oleh masyarakat atas ilham keagamaan, yakni didorong oleh rasa cinta kepada Nabi dan didorong oleh tujuan dakwah. Karena ekpressi cinta maka bentuk mauludan berbeda-beda, ada yang dalam bentuk ceramah agama, ada pawai obor, ada sekatenan, ada pembacaan rawi dan sebagainya. Kitab Rawi (Barzanji) itu sendiri adalah kitab sastra yang berisi epic sejarah Nabi, ditulis sebagai wujud kecintaan seorang sastrawan terhadap Nabi Muhammad. Untuk memahami kedudukan kebudayaan dalam beragama, maka perlu diketahui tingkat pemahaman terhadap agama.
posted by : Mubarok institute

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger