Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Monday, April 07, 2008

Filsafat Agama
at 1:29 AM 
Agama adalah keyakinan. Penganut suatu agama, baik orang awam maupun terpelajar meyakini kebenaran agama yang dianutnya. Akan tetapi bagaimana anatomi keyakinan orang beragama pasti berbeda-beda, berkaitan dengan perbedaan kapasitas intelektual, kapasitas batin dan akhlak setiap orang. Kualitas kebenaranpun ternyata berbeda-beda; kita mengenal adanya istilah (a) kebenaran matematis, (b) kebenaran sosial, (c) kebenaran ilmiah, (d) kebenaran logic, (e) kebenaran filosofis, (f) kebenaran mistis dan (g) kebenaran sufistik. Kita juga mengenal ada istilah keadilan hukum dan ada rasa keadilan.

Al Qur’an juga memperkenalkan istilah (a) `ilmal yaqin, (b) `ainal yaqin, dan (c) haqqul yaqin. Konsep konkrit dan abstrak sangat berbeda antara ilmu pengetahuan dan keyakinan agama. Demikian juga konsep alam kehidupan sangat berbeda antara ilmu pengetahuan dan agama. Banyak orang ,mengatakan bahwa hidup di dunia inilah yang konkrit, sedangkan soal sorga dan neraka kita tidak tahu dan kita tidak bisa konfirmasi, sesuatu yang belum konkrit. Sedangkan menurut konsep agama, alam dunia adalah fana dan maya , semu atau bohong-bohongan atau tipuan. Kata al Qur’an, kehidupan dunia itu hanya sebuah permainan saja (la`ibun wa lahwun). Sedangkan kehidupan akhirat, itulah kehidupan yang sebenarnya, yang konkrit (wa innal akhirata lahiya al hayawan).
posted by : Mubarok institute

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger