Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Thursday, September 21, 2006

Dengki Merusak Ibadah Puasa
at 9:23 PM 
Diantara penyakit yang merusak pahala puasa adalah dengki, dalam bahasa Arab disebut hasad. Dengki adalah perasaan tidak senang atas keberuntungan orang lain disertai usaha menghilangkan dan memindahkan keberuntungan itu kepada diri sendiri (an tatamanna zawala ni`mat al mahsud ilaika). Adapun menginginginkan hal yang serupa dengan yang diperoleh orang lain tidak termasuk dengki, karena al Qur’an bahkan menyuruh kita berlomba meraih kebajikan (fastabiq al khoirat).Mengapa orang mendengki ? Dasar dari sifat dengki adalah adanya keinginan orang untuk menjadi orang nomor satu, menjadi orang yang terhebat, terkaya, terhormat dan ter-ter yang lain, yang berkonotasi rendah.

Dalam bahasa agama, dunia dengan segala urusannya adalah sesuatu yang rendah. Dalam bahasa Arab, dun ya artinya dekat atau rendah atau hina. Jadi orang hanya mendengki manakala yang diperebutkan itu sesuatu yang rendah, hina dan berdimensi jangka pendek, ibarat orang yang memasuki lorong sempit yang hanya muat satu orang. Ruang sempit itulah yang menyebabkan para peminat harus berdesakan dan saling menyikut. Selanjutnya jika ada satu orang yang telah berhasil memasuki lorong dan berhasil menduduki kursi duniawi yang diperebutkan, kursi presiden misalnya, maka orang yang belum berhasil memandang orang yang telah berhasil sebagai hambatan yang harus disingkirkan, sementara orang yang telah berhasil menduduki kursi itu memandang orang lain yang berminat sebagai ancaman yang juga harus dihambat.

Adapun jika memperebutkan sesuatu yang besar, mulia dan berdimensi panjang hingga akhirat, maka diantara para peminat justeru terdapat hubungan. Orang yang merindukan derajat takwa misalnya, ia akan senang jika ada orang lain yang bermaksud sama. Demikian juga orang yang ikhlas berdekah, maka ia sangat senang jika ada orang lain yang juga gemar bersedekah. Jika diantara orang yang ingin menjadi orang dekat presiden terdapat saling iri, saling menjegal dan sebagainya, hal itu adalah karena sempitnya ruang untuk menjadi orang dekat presiden, Tetapi jika ingin menjadi orang yang dekat dengan Tuhan, maka seberapapun banyaknya orang yang menginginkan, disana tersedia ruangannya, karena Tuhan Maha Luas rahmat Nya.

Dengki itu sangat berbahaya, bukan hanya bagi diri pemiliknya tetapi juga bagi masyarakat luas. Dengki itu kata hadis nabi ibarat setitik api yang dapat membakar kayu bakar seberapapun banyaknya. Ia juga bagaikan pisau cukur yang bisa mencukur bersih amal seseorang. Kata Nabi, hanya dua hal orang boleh iri; yakni jika ada orang yang dikaruniai ilmu banyak, ia dapat mengajarkan kepada orang lain dan juga yang bersangkutan mengamalkannya. Kedua, jika ada orang yang dianugerahi banyak harta, tetapi ia membelanjakannya di jalan yang benar hingga habis, Wallohu a`lamu bissawab.
posted by : Mubarok institute

Blogger psikologi_islam said.. :

Assalamu'alaikum,
Prof Mubarok, ananda mohon maaf jika ada kesalahan ucap kata yang kurang berkenan dihati selama ini. Semoga Profesor Mubarok senantiasa diberikan kesehatan untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini..

10:17 PM  
Blogger srengenge said.. :

Pak Mubarok,
Bagaimana supaya kedengkian didalam hati bisa dihindarkan?

1:07 AM  
Anonymous giffa muhammad said.. :

assalamualaikum pak..selamat menjalankan ibadah bulan suci ramadhan...kullu aamin wa antum bil khoir...wassalam wr wb

12:40 AM  
Blogger Zheng junxai5 said.. :

zhengjx20160530
oakley sunglasses
basketball shoes
toms
louis vuitton bags
ray ban sunglasses
nike sb dunks
louboutin shoes
tiffany and co
ray ban eyeglasses
hollister clothing store
louis vuitton handbags
true religion outlet store
coach outlet store online
hollister clearance
louis vuitton purses
christian louboutin shoes
ralph lauren outlet
coach outlet store online
jordan 6s
hollister clothing
oakley sunglasses
fit flops
oakley canada
michael kors outlet clearance
tiffany and co jewelry
coach factory outlet online
michael kors outlet
jordan retro 11
michael kors outlet online
tory burch boots
michael kors outlet
beats by dr dre
replica rolex watches
michael kors handbags
coach outlet online
ray ban outlet
nike air max
oakley outlet
toms wedges
louis vuitton

11:55 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger