Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Thursday, April 17, 2008

Filosofi Syari`at
at 12:20 AM 
Syari`at atau syara`mengandung arti jalan lebar. Syari’at Islam adalah infrastruktur jalan yang dibangun oleh Allah (thariqah Ilahiyyah) disediakan untuk manusia agar mereka tidak salah jalan (nyasar) dalam perjalanannya sesuai dengan skenario kehidupan yang diciptakan oleh Nya. Dengan adanya syari`at maka (a) rambu-rambu kehidupan menjadi jelas, (b) keharusan berhubungan antar berbagai pihak; menjadi jelas . Dengan adanya syari`at maka manusia yang diberi kebebasan oleh Tuhan dipersilahkan untuk menentukan pilihan jalan mana yang mau ditempuh, masing-masing dengan konsekwensinya; jalan halal, jalan haram, jalan makruh, jalan wajib dan sebagainya. Dengan syari’at pula diatur pola hubungan antar berbagai pihak, yang kuat menguasai yang lemah, yang lemah harus mematuhi yang kuat, tetapi kesemuanya dalam rangka mencapai tujuan. Rakyat harus mematuhi pemimpin, tetapi pemimpin pada hakikatnya adalah pelayan masyarakat (sayyid al qaumi khadimuhum). Orang miskin membutuhkan penghasilan, orang kaya membutuhkan tenaga kerja, hubungan antar keduanya diatur oleh syari`at.

Adapun tujuan dari syari`ah (Maqashid as Syari`ah) ada untuk memberikan perlindungan kepada lima hal (al kulliyat al khams), yaitu (1) melindungi jiwa manusia, khifdz an nafs, (2) melindungi akal, khifdz al `aql, (3) melindungi agama, khifdz addin, (4) melindungi harta ,khifdz al mal dan (5) melindungi keturunan, khifdz annasl. Semua aturan syari’at Islam adalah dimaksud untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak tersebut, yakni hak hidup, hak intelektual, hak keyakinan, hak harta dan hak kesucian keturunan, apa yang pada zaman modern sekarang disebut hak azazi manusia.
posted by : Mubarok institute
My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger