Sunday, October 31, 2010
Sistem Kejiwaan Menurut al Qur’an
Jika teori Psikoanalisa Freud menyebut adanya tiga pilar jiwa; Id, Ego dan Super Ego, maka menurut al Qur’an, jiwa manusia itu merupakan sisi dalam manusia, disebut nafs yang sistemnya bisa disebut sistem nafsani dengan pilar-pilar sebagai subsistem yang terdiri dari ; qalb (hati), bashirah (hati nurani), `aql (akal), syahwat dan hawa (hawa nafsu).
Kelima subsistem itu saling berhubungan dalam proses menangkap stimulus, dalam mempersepsi, dalam memanggil memori, dalam berfikir dan dalam mengambil keputusan. Sistem kerjanya sangat sempurna, indah dan sangat menarik. Jika dalam alqur’an manusia (insan) disebutkan sebagai ciptaan yang ahsani taqwim (kontruksi yang sangat indah) maka yang dimaksud adalah kontruksi jiwanya, karena yang dimaksud insan adalah makhluk yang berjiwa, makhluk psikologis, bukan sekedar basyar (fisik manusia).
Jika kita pernah mendengar istilah manajemen qalbu, maka yang dimaksud ialah bahwa sistem nafsani itu bekerja seperti team work dengan kendali manajemen dipegang oleh qalb (hati). Oleh karena itu dikatakan bahwa jika seseorang qalbu (hati) nya baik maka baik pula keseluruhan sistem kerja dirinya, term,asuk perilakunya. Sebaliknya jika hatinya buruk, maka buruk produk kerja jiwanya, yakni fikiran, perasaan dan kehendaknya atau perilakunya secara keseluruhan. Kita juga biasa mengunakan ungkapan; dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati siapa yang tahu? Untuk menunjuk betapa rumitnya sistem kerja jiwa.
Tentang Qalb
Dalam bahasa Arab, kata al-qalbu diucapkan untuk menyebut jantung, bukan hati, sementara untuk hati disebut al-kabid. Dalam bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan qalbu adalah hati, baik dalam arti maknawi maupun fisik (liver). Secara lughawi, qalbu artinya bolak-balik, merujuk pada sifat hati manusia yang tidak konsisten atau bolak-balik (summiyat al-qalbu qalban litaqallubihi). Dalam al-Qur’an, kata al-qalbu dan qulub digunakan untuk menyebut ruh (QS. 33 : 10), alat untuk memahami (QS. 7 : 179), keberanian (QS. 3 : 126) dan alat ketakutan (QS. 33 : 26).
Dalam perspektif psikologi, qalbun atau kalbu atau hati adalah bagaikan kamar kecil di dalam ruang nafs yang luas. Berbeda dengan nafs yang hanya menampung hal-hal yang sudah tidah disadari, maka memori qalb atau hati menampung hal-hal yang sepenuhnya disadari. Oleh karena itu, apa yang harus dipertanggungjawabkan manusia dihadapan Tuhan-nya adalah dalam hal perbuatan yang didasari oleh hati (QS. 2 : 225) bukan yang berada di dalam memori nafs. Qalbu berhubungan erat denga aktivitas berpikir yang dilakukan oleh akal, sementara nafs lebih berhubungan dengan perasaan.
Hati memang memiliki karakter tidak konsisten (taqallub) berubah-ubah, terkadang bergejolak, terkadang lembut, terkadang benci, lain kali terhanyut oleh perasaan cinta, terkadang merasa yakin, tapi esoknya ragu-ragu. Mesti demikian ia tetap sadar terhadap apa yang diputuskannya. Karena sifatnya yang potensial untuk berubah itulah maka menurut al-qur’an, hati dapat diuji (QS. 49 : 3), dapat diperlonggar dan dipersempit (QS. 6 : 125) dan bahkan bisa ditutup rapat (QS. 2 : 7).. Sebagai instrumen, qalb adalah alat untuk memahami realitas. Hal-hal yang tidak masuk akal, yang tidak logis, bisa difahami oleh hati.
Isi atau kandungan hati sangat banyak, ada; kesombongan, penyakit, rasa takut, getaran, kedamaian, keberanian, cinta, kebaikan, kufur, dengki, iman, kesesatan, penyesalan, panas hati, keraguan dan juga kemunafikan.
Sedangkan potensinya juga banyak; bisa perpaling, kecewa dan kesal, memutuskan, berprasangka, menolak, mengingkari, dapat diuji, dapat ditundukkan, dapat diperluas dan dipersempit, dapat ditutup rapat, tergesa-gesa dan berkeluh kesah.
Kelima subsistem itu saling berhubungan dalam proses menangkap stimulus, dalam mempersepsi, dalam memanggil memori, dalam berfikir dan dalam mengambil keputusan. Sistem kerjanya sangat sempurna, indah dan sangat menarik. Jika dalam alqur’an manusia (insan) disebutkan sebagai ciptaan yang ahsani taqwim (kontruksi yang sangat indah) maka yang dimaksud adalah kontruksi jiwanya, karena yang dimaksud insan adalah makhluk yang berjiwa, makhluk psikologis, bukan sekedar basyar (fisik manusia).
Jika kita pernah mendengar istilah manajemen qalbu, maka yang dimaksud ialah bahwa sistem nafsani itu bekerja seperti team work dengan kendali manajemen dipegang oleh qalb (hati). Oleh karena itu dikatakan bahwa jika seseorang qalbu (hati) nya baik maka baik pula keseluruhan sistem kerja dirinya, term,asuk perilakunya. Sebaliknya jika hatinya buruk, maka buruk produk kerja jiwanya, yakni fikiran, perasaan dan kehendaknya atau perilakunya secara keseluruhan. Kita juga biasa mengunakan ungkapan; dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati siapa yang tahu? Untuk menunjuk betapa rumitnya sistem kerja jiwa.
Tentang Qalb
Dalam bahasa Arab, kata al-qalbu diucapkan untuk menyebut jantung, bukan hati, sementara untuk hati disebut al-kabid. Dalam bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan qalbu adalah hati, baik dalam arti maknawi maupun fisik (liver). Secara lughawi, qalbu artinya bolak-balik, merujuk pada sifat hati manusia yang tidak konsisten atau bolak-balik (summiyat al-qalbu qalban litaqallubihi). Dalam al-Qur’an, kata al-qalbu dan qulub digunakan untuk menyebut ruh (QS. 33 : 10), alat untuk memahami (QS. 7 : 179), keberanian (QS. 3 : 126) dan alat ketakutan (QS. 33 : 26).
Dalam perspektif psikologi, qalbun atau kalbu atau hati adalah bagaikan kamar kecil di dalam ruang nafs yang luas. Berbeda dengan nafs yang hanya menampung hal-hal yang sudah tidah disadari, maka memori qalb atau hati menampung hal-hal yang sepenuhnya disadari. Oleh karena itu, apa yang harus dipertanggungjawabkan manusia dihadapan Tuhan-nya adalah dalam hal perbuatan yang didasari oleh hati (QS. 2 : 225) bukan yang berada di dalam memori nafs. Qalbu berhubungan erat denga aktivitas berpikir yang dilakukan oleh akal, sementara nafs lebih berhubungan dengan perasaan.
Hati memang memiliki karakter tidak konsisten (taqallub) berubah-ubah, terkadang bergejolak, terkadang lembut, terkadang benci, lain kali terhanyut oleh perasaan cinta, terkadang merasa yakin, tapi esoknya ragu-ragu. Mesti demikian ia tetap sadar terhadap apa yang diputuskannya. Karena sifatnya yang potensial untuk berubah itulah maka menurut al-qur’an, hati dapat diuji (QS. 49 : 3), dapat diperlonggar dan dipersempit (QS. 6 : 125) dan bahkan bisa ditutup rapat (QS. 2 : 7).. Sebagai instrumen, qalb adalah alat untuk memahami realitas. Hal-hal yang tidak masuk akal, yang tidak logis, bisa difahami oleh hati.
Isi atau kandungan hati sangat banyak, ada; kesombongan, penyakit, rasa takut, getaran, kedamaian, keberanian, cinta, kebaikan, kufur, dengki, iman, kesesatan, penyesalan, panas hati, keraguan dan juga kemunafikan.
Sedangkan potensinya juga banyak; bisa perpaling, kecewa dan kesal, memutuskan, berprasangka, menolak, mengingkari, dapat diuji, dapat ditundukkan, dapat diperluas dan dipersempit, dapat ditutup rapat, tergesa-gesa dan berkeluh kesah.
subhanallah,
tidak ada keraguan pada kitab ini (Quran)
salam
xanax online buy xanax online cheap no prescription - effects taking zoloft xanax together
buy carisoprodol carisoprodol oral dosage - carisoprodol soma overdose
generic carisoprodol carisoprodol recommended dosage - carisoprodol usa
buy cheap tramadol buy tramadol capsules - generic brand of tramadol
generic xanax xanax bars doses - xanax high bluelight
buy tramadol online can you buy tramadol over the counter - tramadol mechanism of action
xanax no prescription online xanax online canada no prescription - soma xanax high
buy cheap cialis online no prescription buy cialis online cheap - cialis reviews for women
generic cialis cialis 4 hours - cialis 5 mg coupon
cialis no prescription overnight buy cialis money order - cialis daily trial
order xanax no prescription generic medication xanax - ritalin xanax drug interactions
buy tramadol buy tramadol overnight with mastercard - tramadol hydrochloride tablets 100mg
http://landvoicelearning.com/#30896 order tramadol online with cod - tramadol 10mg for dogs
buy tramadol online tramadol no prescription needed - tramadol 50 mg back pain
buy ativan online ativan side effects on children - ativan half life
http://reidmoody.com/#51208 ativan zombie - 60 mg ativan
http://staam.org/#50589 tramadol 50mg dose for dogs - cheap generic tramadol
http://bayshorechryslerjeep.com/#1833 xanax side effects constipation - xanax affects the heart
alprazolam price generic xanax 3mg pills - xanax 0.25mg side effects
zhengjx20160530
kate spade handbags
gucci belts
rolex watches
adidas superstar shoes
michael kors outlet clearance
nike air force 1 white
true religion outlet
louis vuitton outlet stores
retro 11
michael kors outlet
ray ban sunglasses
christian louboutin sale
jordan retro 8
kobe 8
nike uk
adidas originals
michael kors bags
ralph lauren
adidas running shoes
louis vuitton outlet online
jordan 3s
coach outlet store online clearances
nike store uk
nike free uk
jordan retro 4
abercrombie and fitch
adidas originals store
replica watches
michael kors outlet clearance
concords 11
marc jacobs outlet
ray ban sunglasses outlet
hollister clothing
supra footwear
toms shoes
louis vuitton handbags
lebron james shoes 13
michael kors bags
cheap ray ban sunglasses
michael kors outlet clearance
Post a Comment
Home