Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Friday, May 15, 2015

Menjadi Manusia Pembelajar Yang Cerdas dan Berbudi Luhur (1)
at 11:37 AM 

Mengenali Manusia
       Manusia adalah makhluk yang suka mempertanyakan diri sendiri, dan pertanyaan tentang manusia itu sudah berlangsung sepanjang sejarah manusia itu sendiri, tetapi pembicaraan tentang manusia ini hingga kini dan seterusnya akan tetap menarik . Daya tarik pembicaraan tentang manusia itu adalah karena pengetahuan tentang makhluk hidup dan terutama manusia belum mencapai kemajuan seperti yang telah dicapai dalam bidang ilmu pengetahuan lainnya. Pertanyaan tentang manusia pada hakikatnya hingga kini masih tetap tanpa jawaban.
·         Manusia adalah makhluk yang  diciptakan Tuhan dengan desain kejiwaan yang sangat sempurna, tetapi ia berpeluang  jatuh terjerembab menjadi makhluk yang terendah (laqad koholaqna alinsan fi ahsani taqwim, tsumma rodadnahu asfala safilin)
·         Secara fisik manusia adalah yang paling “cakep” dimuka bumi dan paling “manis” gerak geriknya.
·         Meski keahlian tehnis dikalahkan oleh binatang tertentu, misalnya tidak bisa terbang seperti burung, tetapi potensi psikisnya bisa melengkapi kekurangannya sehinggga manusia dengan teknologi bisamengarungi angkasa  dan bisa menjelajahi  kedalaman air.
·         Keunggulan manusia dibanding makhluk lain adalah karena manusia dilengkapi dengan perangkat kejiwaan, yang membuat manusia mampu berfikir, berperasaan dan berkehendak.
·         Jiwa manusia sebagai system (system nafsani) terdiri dari akal (`aql), hati (qolb), hati nurani (bashiroh), syahwat dan hawa nafsu, masing-masing sebagai subsistem dimana hati menjadi menejernya.
·         Akal kerjanya berfikir, produknya adalah rasionalitas. Hati kerjanya memahami realitas dengan perasaan. Hal-hal irrational yang tidak bisa difahami oleh akal bisa difahami oleh hati. Kandungan hati sangat  kompleks , dari titik ektrim kiri hingga ekstrim kanan, dari sadar hingga lupa, dari mesra hingga benci, dan dari tenang hinggga  gejolak. Sesuai dengan namanya qolb, karakter hati adalah tidak konsisten. Hati nurani atau bashiroh adalah pandangan mata batin sebagai lawan dari pandangan mata kepala. Ia disebut juga sebagai cahaya ketuhanan yang ditempatkan didalam hati. Oleh karena itu berbeda dengan hati yang berkarakter inkonsisten, nurani berkarakter konsisten, dan tidak bisa diajak kompromi dengan kebohongan. Syahwat adalah dorongan terhadap apa yang dinginkan. Syahwat merupakan penggerak perilaku yang membuat hidup menjadi dinamis, sepanjang proporsionil. Sedangkan hawa nafsu adalah dorongan kepada sesuatu yang sifatnya rendah, maunya sekarang, yang penting enak, gak peduli akibat.
·         Setiap manusia berbeda subsistem mana yang paling dominan. Jika akalnya yang kuat maka hidupnya rationil, tetapi terkadang kering. Jika hati yang dominan maka ia menjadi perasa dan penuh maklum. Jika nurani yang dominan maka dijamin pilihannya benar dan langkahnaya tepat. Jika syahwat yang dominan, maka ia mudah terjerumus ke hedonism. Jika hawa nafsu yang dominan, maka pilihannya mudah  keliru dan langkahnyapun sesat. Menejemen qalbu adalah mensinergikan subsistem dalam  mempersepsi stimulus maupun dalam mengambil keputusan serta dalam bertindak sehingga ouputnya adalah perilaku yang indah , harmoni, bahkan suci. Sedangkan mismenejemen qalbu akan melahirkan perilaku menyimpang.
Manusia Sebagai Makhluk Pembelajar
·         Manusia adalah satu-satunya  makhluk yang  suka mempertanyakan diri sendiri  disamping mempertanyakan yang lain. Dalam berkomunikasi  melewati proses pentahapan (a) menerima stimulus, kemudian (b) mengolah informasi, kemudian (c) menyimpan informasi, dan (4) menghasilkan kembali informasi, proses ini disebut system komumnikasi intra personal dimana prosesnya meliputi sensasi, persepsi, memori dan berfikir. Dalam proses itu banyak sekali hal-hal yang mempengaruhinya. Persepsi misalnya dipengaruhi oleh perhatian. Perhatianpun dipengaruhi oleh factor-faktor penarik perhatian, seperti gerakan, kontras, kebaruan dan perulangan
·         Manusia merasa harus berfikir karena ia harus  menjawab pertanyaan, harus mengatasi masalah atau dituntut kreatip. Ada beberapa kualitas berfikir, yaitu (a)melamun, (b) berfikir, (c) bertafakkur, dan (d) bertadabbur. Produk berfikir  berbeda dengan produk tafakkur dan berbeda pula dengan produk tadabbur. Berfikir obyeknya di depan langsung, bertafakkur obyeknya jauh di depan dan jauh dibelakang, sedangkan bertadabbur obyeknya menukik kedalam.
·         Manusia dalam mempersepsi orang lain atau orang lain mempersepsi kita (disebut system komunikasi interpersonal) dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya situasi yang berbeda, pengalaman,juga  konsep diri, baik konsep diri positip maupun konsep diri negatip.
·         Faktor-faktor itu semua mempengaruhi cara belajarnya maupun hasil dari belajarnya., sehingga ada orang yang pandai mengambil pelajaran dan ada juga orang yang tidak bisa mengambil pelajaran. Ada yang cepat tanggap ada yang lambat, ada yang cermat dan ada yang gegabah, ada yang orientasinya hari ini, ada yang orientasinya jauh di masa depan.
Tingkat kecerdasan Manusia
·         Kecerdasan ideal adalah sifat Nabi, yaitu Shiddiq, amanah, fathonah dan tabligh, benar, dapat dipercaya, cerdas dan peduli
·         Ada orang `alim dan ada orang `arif. ~alim artinya mengetahui, sedangkan `arif artinya mengenal. Banyak orang tahu ada Tuhan, tetapi hanya sedikit yang mengenal Tuhan. Bahkan ada seorang isteri yang sudah puluhan tahun sekasur  dengan suaminya ternyata ia baru benar-benar mengenali suaminya pada usia perkawinan yang ke 40 dan setelah itu ia mengambil keputusan bercerai. Tingkatan pengetahuan juga dapat difahami melalui `ilmul yaqin, kemudian `ainal yaqin, dan baru haqqul yaqin.
·         Kita sudah mengenal ada istilah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan ada kecerdasxan spirtitual.
·         Orang cerdas pasti jujur. Dibawah cerdas ada orang yang disebut cerdik, orang cerdik biasanya sudah agak kurang jujur. Dibawahnya ada orang pintar, dan orang pintar bisa  minteri atau “ngerjain”orang lain. Dibawah orang pintar ada orang lihai, dan dibawah lihai adalah orang yang licik. Sedangkat tingkatan kejujuran , yang tertinggi adalah jujur, dibawahnya ada lugu, dan dibawahnya ada bodoh.
posted by : Mubarok institute

Blogger chenlina said.. :

chenlina20151212
timberland outlet
kobe 9
coach outlet online
michael kors handbags
hollister
air max 95
true religion jeans outlet
ugg boots
cheap jordan shoes
gucci shoes
ugg clearance
coach outlet store online
polo ralph lauren outlet
michael kors outlet online
nike huarache shoes
kevin durant basketball shoes
louis vuitton outlet
michael kors outlet
coach factory outlet
christian louboutin outlet
ugg sale
toms shoes
coach factory outlet
abercrombie kids
cheap uggs
air max 90
canada goose jackets
hollister uk
ugg boots
michael kors bag
ugg sale
christian louboutin
louis vuitton
louis vuitton
uggs clearance
coach outlet
michael kors outlet online
ugg boots outlet
jordans for sale
louis vuitton handbags
as

6:17 PM  
Blogger Unknown said.. :

louis vuitton outlet
coach factory outlet
christian louboutin shoes
michael kors outlet
ray ban sunglasses
oakley sunglasses
true religion
polo ralph lauren
louis vuitton outlet
fake watches
michael kors outlet clearance
oakley sunglasses wholesale
ray ban sunglasses
burberry outlet
coach factory outlet
louis vuitton handbags
replica watches
fitflops sale clearance
coach outlet store online
nike factory outlet
supra sneakers
pandora jewelry
jordan 4
tods outlet
adidas trainers
cheap jordan shoes
tory burch flats
nike outlet store
michael kors handbags
fitflops sale clearance
coach outlet store online
cheap jerseys
coach outlet
nike outlet store
michael kors outlet
nfl jerseys wholesale
cheap nfl jerseys
nike sb
christian louboutin sale
true religion jeans
20165.14wengdongdong

8:16 PM  
Blogger amany said.. :



شركات مكافحة حشرات بجدة
شركات مكافحة حشرات بمكة
شركات مكافحة حشرات بالخرج
شركات مكافحة الحشرات بالاحساء
شركة مكافحة حشرات بحائل

9:36 AM  
Blogger ركن كلين said.. :


شركة مكافحة حشرات بالرياض
شركة مكافحة الناموس بالرياض
شركة مكافحة النمل الاسود بالرياض
شركة مكافحة بق الفراش بالرياض
شركة مكافحة البرص بالرياض
شركة مكافحة الفئران بالرياض
شركة مكافحة الصراصير بالرياض

2:45 AM  
Anonymous Cara Mengobati Konjungtivitis said.. :

Thank you for sharing an interesting and very useful article. And let me share an article about health here I believe this is useful. Thank you :)

Cara Menghilangkan Benjolan di Langit Mulut
Cara Menghilangkan ambeien/Wasir Secara Permanen
Inilah Penyebab Mual dan Muntah secara Tiba-tiba
Obat Asma Alami (untuk semua usia),Terbukti Ampuh
Obat Diabetes Herbal, Pengobatan Alami Diabetes
Obat Penghancur Kista, Pengobatan Kista Tanpa Operasi
Cara Mengobati

9:08 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger