Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, July 01, 2015

Integritas Diri (3)
at 3:44 PM 

Predikat Ideal Manusia

Sebagai makhluk budaya, manusia mengenal konsep. Konsep adalah lambang dan symbol yang ada dalam fikiran. Berfikir adalah bekerja dengan menggunakan lambang dan symbol sehingga tidak perlu menghadirkan benda-benda itu ke ruang dimana orang sedang berfikir. Dalam fikirannya, orang dapat menghadirkan begitu banyak benda dan hal, menembus ruang dan waktu. Meski demikan tetap saja ada orang yang hanya mampu berfikir sngat terbatas disamping ada orang yang pemikirannya sangat besar. Dengan berfikir orang bisa menjawab pertanyaan, mengambil keputusan, dan membuat kreasi baru. Kebudayaan dinentuk oleh sejarah, keyakjinan, geografi dan lingkunan sosio-kultur dimana manusia itu hidup. Oleh karena itu konsep besar, konsep hebat, konsep kehormatan berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain, antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain. Dalam konsep konglomerat uang satu juta rupiah adlah sedikit, tapi bagi orang miskin, uang satu juta adalah sangat besar, sangat banyak. Bagi orang yang punya integritas diri, memenangkan perkara di pengadilan dengan cara menyuap jaksa dan hakim adalah perbuatan yang memalukan, tetapi bagi orang yang tidak memiliki integritas diri, cara suap merupakan bagian dari kiat menggapai sukses. Namun demikian tetap saja ada common sence atau perasaan umum tentang manusia ideal. Diantara sosok –sok yang dipandng ideal oleh masyarakat adalah orang saleh, oramng besar, orang terhormat dan orang hebat.


1. Orang Saleh
Pada tingkat masyarakat manapun figur “orang saleh” selalu dihormti, bahkan pada masyarakat yang tidak beragama. Kesalehan itu ada yang bersifat ritual dan ada yang bersifat social. Orang saleh secra ritual ditandai dengan persepsi masyarakt bahwa ia adalah orang yang dekat dengan Tuhan, nampak dari rajin dn khusyu`nya dalam beribadat. Karena orang saleh tu dipersepsi dekat dengan Tuhan maka masyarakat banyak
yang berharap kepadanya agar didoakan, atau diberkati. Saleh secara social ditandai dengan solidaritasnya kepada masyarakat sehingga ia selalu mengulurkan tangannya untuk menolong orang lain, baik pertolongan yang bersifat ekonomi maujpun pertolongan yang bersifat kemanusiaan. Kata saleh secara bahasa mengandung arti baik, damai, dan patut,maka orang saleh selalu menyebarkan kebaikan, menebarkan rasa damai dan indah dilihat dan dirasa karena mematuhi standard kepatutan.

2. Orang Besar
Ukuran besar dan kecil sesungguhnya merupakan konsep social, oleh karena itu sesuatu yang dipandang besar oleh suatu lapisan masyarakat,mungkin dipandang kecil oleh lapisan masyarakat yang lain. Tetapi yang jelas ukuran besar itu dihubungkan dengan ruang. Sesuatu yang kecil di tempat sempit bisa dipandang besar, jika dipindah ke ruang besar maka ia dinilai sebagai sesuatu yang kecil. Karena manusia pada hakikatnya adalah jiwanya, maka orang yang bertubuh besar tidak serta merta dipandang sebagai orang besar. Orang besar adalah orang yang fikirannya,gagasannya, perhatiannya dan langkah-langkahnya melampaui ruang (tempat dan waktu) dimana ia berada . Pemimpin besar suatu bangsa adalah pemimpin yang perhatiannya menyentuh seluruh wilayah negeri dimana bangsa itu berada dan menembus jauh ke masa-masa dimana generasi masa depan akan hidup. Ia tidak terpaku memikirkan dirinya dan keluarganya, tetapi yang difikirkan adalah kesejahteraan bangsa hingga puluhan dan ratusan tahun ke depan. Karena ia berpikir panjang maka seorang pemimpin besar mampu mengalah demi untuk kemenangan di belakang hari. Mengalah bukanlah kalah,karena untuk mengalah diperlukan kekuatan, sedangkan kalah adalah kelemahan, yakni tidak memampu mengatasi masalah yang dihadapi. Ciri orang besar adalah namanya tetap disebut, nasehatnya tetap didengar, gagasannya tetap diteruskan meski ia telah meninggal puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Pemimpin yang pusat perhatiannya pada mempertahankan kekuasaan dirinya adalah orang kecil meski ia menduduki tahta besar.

3. Orang terhormat
Kehormatan adalah martabat yang bersifat nilai. Orang terhormat belum tentu dihormati,dan orang yang dihormati belum tentu terhormat,karena kehormatan seseorang melekat pada dirinya, bukan penilaian dari orang lain. Kehormatan terbangun pada orang yang berpegang teguh kepada nilai-nilai yang dipandang sebagai kehormatan, seperti kesetiaan, kejujuran, kepahlawananan. Martabat mengandung arti tingkat, sedangkan kehormatan mengandung arti kesucian dan kemuliaan. Orang yang suka berbohong, atau berkhianat,atau suka ingkar janji adalah orang yang tidak terhormat. Seorang guru yang mempermainkan murid atau seorang pemimpin yang menindas bawahan adalah orang yang martabatnya rendah. Kehormatan itu kesucian, oleh karena itu kita mengenal makna kalimat ; gadis suci itu berusaha mempertahankan kehormatannya ketika pacarnya akan merenggutnya.. atau kalimat; hakim itu menodai kehormatan sendiri ketika menerima suap dari terdakwa. Seorang duta besar yang menjual informasi negaranya kepada pihak asing dengan nilai uang yang relatip tak seberapa adalah orang yang merendahkan martabat dirinya dan martabat negaranya.
Jadi orang terhormat adalah orang yang kukuh menjaga “muruah” (harga diri) nya dari melakukan sesuatu yang merendahkan martabat dan kehormatan dirinya, jabatan yang disandang, profesi yang dijalani maupun keluarganya. Orang terhormat adalah orang yang tinggi tingkat kesetiaannya kepada keluarga, amanah dan jabatannya serta tinggi tingkat dedikasinya dalam menjalankan tugasnya,profesinya dan kemanusiaannya. Musuh yang jujur dan kesatria lebih terhormat dibanding kawan yang culas dan khianat. Nabi memberikan pilihan hanya dua; hidup sebagai orang terhormat atau mati sebagai syahid (ksatria), `isy kariman aw mut syahidan.

4. Orang Hebat
Jarang yang menduga bahwa kata hebat itu bahasa Arab, haibat dari kata haba yahabu. Menurut Lisan al `Arab,kata haibat mengnadung konotasi agung (al ijlal) dan menakutkan (almakhafah).. Jadi orang hebat adalah orang yang memiliki banyak kelebihan dalam bidang-bidang tertentu sehingga ia dipandang agung oleh orang banyak yang oleh karena itu ia ditakuti atau disegani oleh lawan atau pesaingnya, Kehebatan biasanya ditunjukkan dalam bentuk prestasi luar biasa, jauh diatas rata-rata dan dipertahankan dalam waktu lama. Oleh karena itu ada orang yang disebut pernah menjadi orang hebat,tetapi sekarang kehebatannya telah sirna. Kehebatan bisa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ketrampilan teknis, kepemimpinan, menejemen, dan seni. Kehebatan bisa dalam bidang-bidang yang positip,bisa juga dalam bidang yang negatip,maka kita mengenal ada panglima perang yang hebat, pengusaha yang hebat,pembalapyang hebat,pelukis hebat dan maling yang hebat.


posted by : Mubarok institute

Anonymous Pengobatan Batu Empedu paling Mujarab said.. :

intergritas yang menarik untuk disimak

11:29 PM  
Anonymous Qassim said.. :

I believe that there are wonderful business opportunities in Dubai. Also it is a wonderful place to live.

8:02 AM  
Blogger BELAJAR BAHASA said.. :

Kita harus punya sikap jati diri yang menjadikan sikap hidup kita

9:45 PM  
Anonymous Anonymous said.. :


Unable to follow the login procedures to Binance account
Are you unable to follow the procedure to login to your Binance account? You can directly get in touch with the skilled and talented professionals by dialing Binance support number which is always active and users can get in touch with the team anytime and get the perfect solution and remedies in accessible manner. The skilled and talented team of customer care executives is there to help you at every step.

More Details Visit Here:- https://www.cryptophonesupport.com/exchange/binance/

10:19 PM  
Blogger jerrysproductreviews said.. :

The Cubii is compact, easy to use and perfect for burning some calories while sitting in the office or even while catching up on the latest Game of Thrones before going to bed. cubii reviews 2019

2:32 PM  
Blogger Unknown said.. :

Your internet site is legendary. It is usually quick and also regards with respect to enabling opinions. slabway spa shiatsu foot massager review

1:41 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger