Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Wednesday, July 01, 2015

Integritas Diri (3)
at 3:44 PM 

Predikat Ideal Manusia

Sebagai makhluk budaya, manusia mengenal konsep. Konsep adalah lambang dan symbol yang ada dalam fikiran. Berfikir adalah bekerja dengan menggunakan lambang dan symbol sehingga tidak perlu menghadirkan benda-benda itu ke ruang dimana orang sedang berfikir. Dalam fikirannya, orang dapat menghadirkan begitu banyak benda dan hal, menembus ruang dan waktu. Meski demikan tetap saja ada orang yang hanya mampu berfikir sngat terbatas disamping ada orang yang pemikirannya sangat besar. Dengan berfikir orang bisa menjawab pertanyaan, mengambil keputusan, dan membuat kreasi baru. Kebudayaan dinentuk oleh sejarah, keyakjinan, geografi dan lingkunan sosio-kultur dimana manusia itu hidup. Oleh karena itu konsep besar, konsep hebat, konsep kehormatan berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain, antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain. Dalam konsep konglomerat uang satu juta rupiah adlah sedikit, tapi bagi orang miskin, uang satu juta adalah sangat besar, sangat banyak. Bagi orang yang punya integritas diri, memenangkan perkara di pengadilan dengan cara menyuap jaksa dan hakim adalah perbuatan yang memalukan, tetapi bagi orang yang tidak memiliki integritas diri, cara suap merupakan bagian dari kiat menggapai sukses. Namun demikian tetap saja ada common sence atau perasaan umum tentang manusia ideal. Diantara sosok –sok yang dipandng ideal oleh masyarakat adalah orang saleh, oramng besar, orang terhormat dan orang hebat.


1. Orang Saleh
Pada tingkat masyarakat manapun figur “orang saleh” selalu dihormti, bahkan pada masyarakat yang tidak beragama. Kesalehan itu ada yang bersifat ritual dan ada yang bersifat social. Orang saleh secra ritual ditandai dengan persepsi masyarakt bahwa ia adalah orang yang dekat dengan Tuhan, nampak dari rajin dn khusyu`nya dalam beribadat. Karena orang saleh tu dipersepsi dekat dengan Tuhan maka masyarakat banyak
yang berharap kepadanya agar didoakan, atau diberkati. Saleh secara social ditandai dengan solidaritasnya kepada masyarakat sehingga ia selalu mengulurkan tangannya untuk menolong orang lain, baik pertolongan yang bersifat ekonomi maujpun pertolongan yang bersifat kemanusiaan. Kata saleh secara bahasa mengandung arti baik, damai, dan patut,maka orang saleh selalu menyebarkan kebaikan, menebarkan rasa damai dan indah dilihat dan dirasa karena mematuhi standard kepatutan.

2. Orang Besar
Ukuran besar dan kecil sesungguhnya merupakan konsep social, oleh karena itu sesuatu yang dipandang besar oleh suatu lapisan masyarakat,mungkin dipandang kecil oleh lapisan masyarakat yang lain. Tetapi yang jelas ukuran besar itu dihubungkan dengan ruang. Sesuatu yang kecil di tempat sempit bisa dipandang besar, jika dipindah ke ruang besar maka ia dinilai sebagai sesuatu yang kecil. Karena manusia pada hakikatnya adalah jiwanya, maka orang yang bertubuh besar tidak serta merta dipandang sebagai orang besar. Orang besar adalah orang yang fikirannya,gagasannya, perhatiannya dan langkah-langkahnya melampaui ruang (tempat dan waktu) dimana ia berada . Pemimpin besar suatu bangsa adalah pemimpin yang perhatiannya menyentuh seluruh wilayah negeri dimana bangsa itu berada dan menembus jauh ke masa-masa dimana generasi masa depan akan hidup. Ia tidak terpaku memikirkan dirinya dan keluarganya, tetapi yang difikirkan adalah kesejahteraan bangsa hingga puluhan dan ratusan tahun ke depan. Karena ia berpikir panjang maka seorang pemimpin besar mampu mengalah demi untuk kemenangan di belakang hari. Mengalah bukanlah kalah,karena untuk mengalah diperlukan kekuatan, sedangkan kalah adalah kelemahan, yakni tidak memampu mengatasi masalah yang dihadapi. Ciri orang besar adalah namanya tetap disebut, nasehatnya tetap didengar, gagasannya tetap diteruskan meski ia telah meninggal puluhan atau ratusan tahun yang lalu. Pemimpin yang pusat perhatiannya pada mempertahankan kekuasaan dirinya adalah orang kecil meski ia menduduki tahta besar.

3. Orang terhormat
Kehormatan adalah martabat yang bersifat nilai. Orang terhormat belum tentu dihormati,dan orang yang dihormati belum tentu terhormat,karena kehormatan seseorang melekat pada dirinya, bukan penilaian dari orang lain. Kehormatan terbangun pada orang yang berpegang teguh kepada nilai-nilai yang dipandang sebagai kehormatan, seperti kesetiaan, kejujuran, kepahlawananan. Martabat mengandung arti tingkat, sedangkan kehormatan mengandung arti kesucian dan kemuliaan. Orang yang suka berbohong, atau berkhianat,atau suka ingkar janji adalah orang yang tidak terhormat. Seorang guru yang mempermainkan murid atau seorang pemimpin yang menindas bawahan adalah orang yang martabatnya rendah. Kehormatan itu kesucian, oleh karena itu kita mengenal makna kalimat ; gadis suci itu berusaha mempertahankan kehormatannya ketika pacarnya akan merenggutnya.. atau kalimat; hakim itu menodai kehormatan sendiri ketika menerima suap dari terdakwa. Seorang duta besar yang menjual informasi negaranya kepada pihak asing dengan nilai uang yang relatip tak seberapa adalah orang yang merendahkan martabat dirinya dan martabat negaranya.
Jadi orang terhormat adalah orang yang kukuh menjaga “muruah” (harga diri) nya dari melakukan sesuatu yang merendahkan martabat dan kehormatan dirinya, jabatan yang disandang, profesi yang dijalani maupun keluarganya. Orang terhormat adalah orang yang tinggi tingkat kesetiaannya kepada keluarga, amanah dan jabatannya serta tinggi tingkat dedikasinya dalam menjalankan tugasnya,profesinya dan kemanusiaannya. Musuh yang jujur dan kesatria lebih terhormat dibanding kawan yang culas dan khianat. Nabi memberikan pilihan hanya dua; hidup sebagai orang terhormat atau mati sebagai syahid (ksatria), `isy kariman aw mut syahidan.

4. Orang Hebat
Jarang yang menduga bahwa kata hebat itu bahasa Arab, haibat dari kata haba yahabu. Menurut Lisan al `Arab,kata haibat mengnadung konotasi agung (al ijlal) dan menakutkan (almakhafah).. Jadi orang hebat adalah orang yang memiliki banyak kelebihan dalam bidang-bidang tertentu sehingga ia dipandang agung oleh orang banyak yang oleh karena itu ia ditakuti atau disegani oleh lawan atau pesaingnya, Kehebatan biasanya ditunjukkan dalam bentuk prestasi luar biasa, jauh diatas rata-rata dan dipertahankan dalam waktu lama. Oleh karena itu ada orang yang disebut pernah menjadi orang hebat,tetapi sekarang kehebatannya telah sirna. Kehebatan bisa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, ketrampilan teknis, kepemimpinan, menejemen, dan seni. Kehebatan bisa dalam bidang-bidang yang positip,bisa juga dalam bidang yang negatip,maka kita mengenal ada panglima perang yang hebat, pengusaha yang hebat,pembalapyang hebat,pelukis hebat dan maling yang hebat.


posted by : Mubarok institute

Blogger Xiaozhengmm 123 said.. :

2015-7-21 xiaozhengm
mcm outlet
chanel online shop
gucci outlet
air max shoes
oakley sunglasses
gucci uk
oakley sunglasses discount
kate spade outlet
nike blazer low
nike tn pas cher
jordan homme
longchamp handbags
cheap jordans
oakley store
coach outlet store online
michael kors outlet
ray ban sunglass
oakley sunglasses outlet
coach outlet store online
michael kors bags
rolex watches
coach outlet online
ralph lauren uk
ray ban sunglasses
snapback hats wholesale
christian louboutin outlet
true religion jeans
polo ralph lauren outlet
cheap true religion jeans
cheap ray ban sunglasses
ed hardy
christian louboutin sale
chanel outlet
air max 90
fitflops sale clearance
christian louboutin
air force 1
michael kors handbags
chanel handbags
kate spade

2:11 AM  
Anonymous Pengobatan Batu Empedu paling Mujarab said.. :

intergritas yang menarik untuk disimak

11:29 PM  
Anonymous Qassim said.. :

I believe that there are wonderful business opportunities in Dubai. Also it is a wonderful place to live.

8:02 AM  
Blogger Zheng junxai5 said.. :

V

8:53 PM  
Blogger Zheng junxai5 said.. :

zhengjx20160530
coach factory outlet
nike air max uk
mont blanc pen
coach factory outlet online
coach outlet
oakley sunglasses wholesale
cheap air jordans
michael kors purses
louis vuitton purses
michael kors canada outlet
nfl jerseys
adidas uk
michael kors outlet clearance
tory burch outlet
adidas superstar
louis vuitton outlet
ray bans
coach outlet store online
louis vuitton outlet
oakley sunglasses wholesale
coach factory outlet online
asics running shoes
michael kors outlet online sale
kd 7 shoes
nike roshe run
giuseppe zanotti outlet
true religion jeans
christian louboutin sale
adidas factory outlet
michael kors handbags
louis vuitton handbags
fitflop shoes
ray ban outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
michael kors purses
ralph lauren
cheap rolex watches
cheap oakleys

8:55 PM  
Blogger Zheng junxai5 said.. :

zhengjx20160630
louis vuitton handbags
lebron 12
tods outlet store
celine outlet
air jordan femme
christian louboutin shoes
toms shoes outlet online
michael kors canada outlet
toms outlet
cheap oakleys
tiffany and co
louis vuitton outlet
ray ban sunglasses
ray ban sunglasses outlet
coach factory outlet
nike store
nike blazers uk
coach factory outlet
louis vuitton outlet stores
coach outlet store online
louis vuitton bags
christian louboutin shoes
longchamp handbags
michael kors outlet
giuseppe zanotti outlet
michael kors handbags
cheap ray ban sunglasses
louboutin shoes
nike roshe run
louis vuitton bags
true religion jeans
asics running shoes
gucci outlet
celine bags
coach factory outlet online
basketball shoes
cheap jordans
coach outlet online
ralph lauren
louis vuitton outlet stores

5:57 PM  
Blogger BELAJAR BAHASA said.. :

Kita harus punya sikap jati diri yang menjadikan sikap hidup kita

9:45 PM  
Anonymous gun mayhem said.. :

This is the game so players feel very fierce , adventurous . You try to join and play this game , you will feel great like.
| tank trouble | learn to fly
gun mayhem | can your pet
| happ wheels

8:08 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger