Center For Indigenous Psychology (Pusat Pengembangan Psikologi Islam) diasuh oleh: Prof. DR Achmad Mubarok MA, Guru Besar Psikologi Islam UI, UIN Jakarta, UIA

Tuesday, June 16, 2015

Integritas Diri(1)
at 9:46 PM 

         Sejalan dengan konsep insan sebagi makhluk psikologis yang berada diantara dua titik ektrim berkesadaran hingga lupa, membenci hingga mesra dan antara bergejolak hingga tenang, setiap indvidu memiliki integritas yang berbeda-beda bergantung kepada jarak menetapnya  dari  titik ekstrim. Jarak menetap dari titik-titik ekstrim tersebut berhubungan dengan pola menejemen diri, yakni bagaimana system nafsani dengan subsistemnya bekerja. Idealnya  adalah jika akal, hati, nurani, syahwat dan hawa nafsu bersinergi secara proporsional. Jika synergy ini tercapai dan menetap pada seseorang maka ia dapat disebut memilki integritas. Derajat integritas diri juga bertingkat-tingkat, ada yang memiliki integritas tinggi, ada yang rendah dan ada orang yang tidak memilki integritas. Corak integritas diri seseorang berhubungan dengan factor mana yang paling berperan dari sub system nafsaninya,

1.     Jika seseorang lebih dikendalikan oleh akalnya maka ia menjadi orang yang sangat rationil. Segala sesuatu yang dihadapi diukur dengan ukuran logika, harus masuk di akalnya, . Ia susah menerima realita-realita yang tidak logic. Jika dipaksakan untuk menerima realita-realita yang tidak logic maka ia akan terkena gangguan psikologis. Karena watak intelektual yang selalu mempertanyakan setiap stimulus, maka seorang rationalis cenderung kering jiwanya. Ia hanya bisa terpuaskan oleh kepuasan ilmiah, kurang bisa menikmati realitas-realitas lain yang bernuansa afektip .
2.     Jika seseorang lebih dikendalikan oleh hatinya maka ia cenderung perasa, bisa memahami berbagai relitas, meski tidak rationil sekalipun. Tetapi karena watak hati itu tidak konsisten maka integritasnya bergantung kepada mood nya hati, ke titik ektrim mana ia dekat. Orang yang jatuh cinta setengah mati (100%) misalnya jika mengalami kegagalan, padahal kegagalan yang dialami itu rationil, ia terguncang dahsyat berpindah dari cinta setengah mati ke titik benci setengah mati hingga tega mencelakakan sang kekasih, atau frustrasi setengah mati hingga bunuh diri.. Sebaliknya orang yang kadar cintanya hanya sekitar 75%, maka kegagalan cintanya tidak terlalu mengguncang dan secara sadar ikhlas menerima kenyataan, serta masih bisa happy dengan menemukan kekasih lain sebagai penganti yang hilang.
3.     Jika seseorang lebih dikendalikan oleh syahwatnya, maka ia cenderung menyukai kemewahan, seleranya “tinggi” dan hedonistic. Budak syahwat pada umumnya tidak peka perasaannya, dan tidak panjang fkirannya, Karen pusat perhatiannya pada pemuasan syahwat, padahal syahwat an sich tidak pernah terpuaskan..
4.     Jika seseorang mengikuti panggilan nuraninya, maka langkahnya benar, pilihannya tepat. Ia mensikapi masalah dengan jernih dan mengambil keputusan dengan yakin, oleh karena itu ia tidak mudah tergoyahkan oleh hambatan dan cacian
5.     Jika seseorang menuruti dorongan hawa nafsunya dijamin pasti tersesat dan hidupnya destruktip, merusak dirinya dan merusak orang lain.

 Integritas diri seseorang menguat manakala ia konsisten dengan prinsip-pinsip yang dianut ketika menghadapi masalah yang harus disikapi . Sebaliknya orang yang tidak konsisten dalam mensikapi masalah sehingga ia tidak mempunyai prinsip pijakan, atau prinsip pijakannya hanya untung material, sementara nilai materi itu tidak konstan maka ia akan kehilangan integritas dirinya.
posted by : Mubarok institute

Blogger Unknown said.. :

Pak saya mau bertanya sebelumnya perkenalkan nama saya dede alhamdulilah islam,yg saya tanyakan saya mau konsultasi tentang kejiwaan saya,akhir2 ini saya jdi aneh dengan pemikiran dan perasaan saya,dan membuat saya jdi terganggu,jadi yg buat saya aneh pikiran saya jdi cemas,khawatir berlebihan,bahkan memikirkan atau membanyangkan sesuatu yg aneh2 seperti kebingungan,bahkan memikirkan tentng bunuh diri dn membunuh,dan perasan gelisah,padahal sudah saya berusaha berfikir positif tapi terasa susah dikendalikan,dan saya juga susah tidur,makan jdi tidak nafsu krna pikiran ini,yang buat saya terganggu ketika pikiran ini dtng badan belakng saya tersa tegang dn sakit kpla,tolong saya minta solusi atau sarannya.terima kasih pak

1:35 AM  
Anonymous Anonymous said.. :

Unable to follow the login procedures to Binance account
Are you unable to follow the procedure to login to your Binance account? You can directly get in touch with the skilled and talented professionals by dialing Binance support number which is always active and users can get in touch with the team anytime and get the perfect solution and remedies in accessible manner. The skilled and talented team of customer care executives is there to help you at every step.

More Details Visit Here:- https://www.cryptophonesupport.com/exchange/binance/

10:16 PM  

Post a Comment

Home

My Photo
Name:

Prof. Dr. Achmad Mubarok MA achmad.mubarok@yahoo.com

Only Articles In
Photos of Activities
Best Seller Books by Prof. DR Achmad Mubarok MA
Join Mubarok Institute’s Mailing List
Blog Development By
Consultation


Shoutbox


Mubarok Institute Weblog System
Designed by Kriswantoro
Powered by Blogger